Implementasi Metode STEAM Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Alpha Omega School
Abstract
Pendidikan anak usia dini (PAUD) semakin berkembang dari waktu ke waktu, sebagian besar keberhasilan pembelajaran di tentukan oleh pendidik dengan menggunakan metode-metode yang berpusat pada anak (Student-centered learning). Salah satu metode pembelajaran bermuatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math). Penerapan metode bermuatan STEAM memberikan waktu untuk anak usia dini berfikir lebih luas dalam pemecahan masalah Ketika aktifitas pembelajaran berlangsung, dimana anak-anak memiliki pengalaman-pengalaman belajar yang bermakna melalui lingkungan sekitar. Metode STEAM sangat bermanfaat bagi anak usia dini karena dapat menimbulkan imajinasi-imajinasi alamiah dari proses pengamatan langsung dan menambah pengetahuan anak serta akan lebih kreatif. Tujuan dari penerapan metode bermuatan STEAM adalah menghasilkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan mengembangkan daya nalar serta kemandirian anak melalui kegiatan proses pembelajaran. Dalam hal ini pendidik sebagai fasilitator untuk mengembangkan dan menerapkan metode STEAM serta mengesplorasi anak untuk memenuhi rasa keingintahunnya juga melakukan pembisaan-pembiasaan guna melatih kemndiriannya.