Menerapkan Pola Hidup Sehat dengan Menggunakan Metode Bercerita Pada TK Kusuma Bangsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peranan metode bercerita dalam menanamkan pola hidup sehat pada anak di TK Kusuma Bangsa. Metode penelitian yang digunakan adalah desktriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa keabsahannya dengan triangulasi sumber dan metode, selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis data interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita untuk menerapkan pola hidup  sehat sangat membuat hasil yang baik dan bisa diterapkan oleh masing-masing peserta didik baik di sekolah, rumah maupun lingkungan. Adapun pola hidup sehat bagi anak usia dini meliputi makanan, minuman, Kesehatan jasmani, yang mana anak mengkonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga teratur, istirahat yang cukup. Metode bercerita dapat menarik perhatian peserta didik dalam mengingat dan menceritakan kembali apa yang telah diceritakan oleh guru, sehingga apabila pembiasaan dilakukan terus menerus maka akan terbiasa sampai anak tumbuh dewasa. Metode bercerita yang digunakan sangatlah menarik dengan gambar-gambar yang sesuai dengan pola hidup sehat sehingga peserta didik memahami apa arti hidup sehat bagi dirinya juga orang lain.