Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Mambaul Ulum Bata-Bata

Authors

  • Maghfirotul Khoti’ah IAI Al-Khairat
  • Ahmad Andry Budianto IAI Al-Khairat
  • Imaniyatul Fithriyah IAI Al-Khairat

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v1i2.89

Keywords:

Konseling kelompok, token economy, kedisiplinan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan token economy terhadap kedisiplinan peserta didik, meyode dalam penelitian ini menggunakan kuantitaif eksperimen Dengan rumus one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini yakni peserta didik kela VIII SMP Mambaul ulum Bata-Bata, banyaknya sampel dalam penelitian ini yaitu 8 paserta didik kelas VIII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata yang memiliki kedisiplinan rendah. Hasil penelitian didapatkan jika layanan konseling kelompok dengan token economy berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didika dengan skor hasil analisis regresi 9.750 angka ini merupakan angka konstan yang mempunyai arti bahwa jika tidak ada konseling kelompok (X)  maka nilai kedisiplinan (Y) adalah sebesar 9.750. Angka koefisien regresi  nilainya sebesar 250. Angka ini mengandung arti bahwa setiap penambahan 1% konseling kelompok (X) maka kedisiplinan (Y) akan meningkat sebesar 250.

References

A, Budianto. “COPING MECHANISM PADA PESERTA DIDIK SD (STUDI KASUS DI SD ISLAM TERPADU MUTIARA HATI MALANG).” Jurnal Konseling Pendidikan Islam 1, no. 1 (29 Januari 2020): 41–50. https://doi.org/10.32806/jkpi.v1i1.6.

A Malichah. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract Terhadap Pengurangan Perilaku Membolos Siswa Kelas XII SMK Negeri 4 Semarang, (lib.unnes.ac.id, 2016)

Agustin Umi Iva. “Pengaruh Teknik Token Economy Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santriwati Pendidikan Diniyah Formal Wustha Kelas Isti’dad (Persiapan) Di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya.” (e-Journal Pendidikan, 2017)

Amti, Erman Prayitno. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling (Jakarta:PT.Rieneka Cipta, 2015)

Anindyta Hayu Yasti. “Penerapan Konseling Kelompok Teknik Token Ekonomi Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah Pada Siswa Kelas VII Dan VIII Di Smp Negeri 5 Sidoarjo.” (e-Journal Pendidikan, 2017)

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penellitian: Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)

Febrini, Deni. Bimbingan Konseling, (yogyakarta: Teras, 2011)

Lisnawati, Nisa Dkk. “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Pengelolaan Diri Untuk Mengurangi Perilaku Pelanggaran Disiplin Sekolah Di Kelas VIII Smp Negeri 14 Bengkulu Tengah, (Jurnal Ilmiyah BK, 2019)

Muri’ah, Siti. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja (Bandung:Gramedia, 2020)

Nurhayati Fitriah Titie. “Peningkatan Kedisiplinan Dengan Konseling Kelompok Melalui Teknik Token Economy Bagi Peserta Didik Smpn 3 Banyuates“ Jurnal Nusantara Research (2020)

Nur Khotimah Indah S. “Pengaruh Layanan Konseling Behavioral Dengan Menggunakan Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik Di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung.“ (e-Journal Pendidikan, 2019)

Prayitno. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling (Jakarta: Rineka Cipta 1999)

----------- Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. (Jakarta: Ghalia Indonesia. 1995)

Rahman, Fadhilah, Dewi. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Tehnik Behavioral Contract Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Kelas XI SMK SMTI Bandar Lampung, (Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2020)

Rahmawati, DKK. Hubungan Motivasi Kerja Dan Dukungan Sosial Kepala Sekolah Dengan Pelaksanaan Tugas Guru BK Di SMPN Kab. Kerinci (Jurnal Konselor, 2016)

Retong, M.L. Peningkatan Kedisiplin Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok: Studi di Kelas XI SMA Negeri 1 Maumere (Jurnal Gema Wiralodra, 2019)

Rizkon, Akhmad. “Pengaruh Metode Islah Mubasyir Terhadap Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren, (Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2019)

Rohmaniah, Nyoman. dkk “Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Economy Untuk Meningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini“ (e-Journal Pendidikan, 2016)

Sari, Aqnan Wasi. Upaya Peningkatan Perilaku Disiplin Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2009)

Seagian, Melina “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kedisiplinan Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Aek Botik Tapanuli Utara9, (Jurnal Bimbingan dana Konseling, 2017)

Smith, Bin Mardian. Pengaruh Layanan Konseling Kelonpok Terhadap Disiplin Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Atinggola (Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 2011)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2010)

-------------, Statistika Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2017)

Supriadi, Dedes DKK. Hubungan Emosional dengan Perkembangan Sosial pada Remaja di SMP Wahid Hasyim Malang, (Jurnal Ilmiyah Keperawatan, 2017)

Tulus, Tu’u. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. (Jakarta: Grasindo, 2004)

Wibowo, Eddy. Konseling Kelompok Perkembangan. (Jakarta: Unres Pres. 2005)

Downloads

Published

2022-02-25