Pengaruh Islamic Social Reporting Terhadap Kinerja Keuangan, Zakat Sebagai Intervening Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang berdasarkan syariat Islam terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 8 dari 11 Bank Umum Syariah di Indonesia yang diambil dengan menggunakan purposive sample. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara mendownload laporan keuangan tahunan bank umum syariah dari laporan keuangan tahunan tersebut dapat diperoleh informasi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan berdasarkan Islamic Social Reporting (ISR) yang terdiri dari 38 item, variabel zakat diukur dengan 2,5% dari laba sebelum pajak, adapun kinerja keuangan dilihat dari nilai Return on Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) masing-masing perusahaan. Analisis jalur digunakan untuk melihat hubungan langsung dan tidak langsung pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan berdasarkan Islamic Social Reporting terhadap kinerja keuangan, dimana zakat sebagai mediasi. Analisis jalur menunjukkan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan menggunakan ISR berpengaruh langsung terhadap kinerja keuangan (P<0,001; R2 = 0,33), zakat terhadap kinerja keuangan juga berpengaruh terhadap kinerja keuangan (P<0,001; R2 = 0,24). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial menggunakan Islamic Social Reporting dan pelaksanaan zakat pada bank umum syariah di Indonesia dapat dijadikan langkah untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.