Tantangan dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia di Pasar Global

Authors

  • Risa Qoni'ah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

DOI:

https://doi.org/10.12962/j22759970.v2i1.246

Keywords:

ekspor, halal, produk, strategi, syariah, tantangan, UMKM

Abstract

Meskipun Indonesia memiliki penduduk muslim terbanyak di dunia, hal ini belum menjadikan Indonesia sebagai produsen terbesar produk halal. Padahal potensi pertumbuhan industri halal semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk muslim dunia. Beberapa tantangan yang dihadapi dalam upaya meningkatkan ekspor produk halal Indonesia adalah (i) kurang fokus dalam pengembangan produk halal, karena masih mengutamakan ekspor komoditas pertambangan dan perkebunan, (ii) adanya pesaing dari negara non-muslim yang mengembangkan industri halal, dan (iii) Kurangnya pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya sertifikasi halal. Oleh karena itu, strategi yang perlu dilakukan antara lain (i) peningkatan daya saing produk halal indonesia, (ii) memaksimalkan akses pasar ekspor produk halal dengan mengoptimalkan peran dari perwakilan pemerintah di luar negeri, mengikutsertakan UMKM pada pameran di luar negeri dan memanfaatkan perjanjian perdagangan internasional, (iii) mendukung UMKM ekspor dalam rantai pasok global, dan (iv) optimalisasi penggunaan e-commerce dengan memberikan pelatihan, dan pendampingan kepada pelaku UMKM agar dapat mengakses pasar digital.

References

V. B. Kusnandar, "Katadata.co.id", Diakses: 6 February 2022. [Online]. Tersedia: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/03/rissc-populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia.

A. P. M. S. H. H. Sukoso, "Ekosistem Halal 2020", Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Jakarta, 2020.

DinarStandard, "Laporan Ekonomi Islam Global 2020/2021," DinarStandard, 2020.

Weforum, "covid19 pandemic trade services goods," How has the COVID-19 pandemic affected global trade?” [Online]. Tersedia: https://www.weforum.org/agenda/2021 /08/covid19-pandemic-trade-services-goods/ 2021.

BPS, Berita Resmi Statistik Triwulan II 2020, 2020.

K. Perdagangan, "Kementerian Perdagangan," Diakses: 2022. [Online]. Tersedia: https://e-ska.kemendag.go.id/home.php/home/form.

Admin, "Bisnis.com," Diakses: 10 February 2022. [Online]. Tersedia: https://ekonomi.bisnis.com/read/20201024/9/1309419/dari-10-produk-saja-potensi -ekspor-makanan-halal-ri-bisa-capai-ratusan-juta-dolar.

K. Tiofani, "Kompas.com," Diakses: 23 January 2022. [Online]. Tersedia: https://www. kompas.com/food/read/2021/09/22/091200675/apa-itu-makanan-halal-menurut-majelis-ulama-indonesia.

Admin, "Indonesia Halal Training and Education Center (IHATEC)," 2021. [Online]. Tersedia: https://ihatec.com/pengertian-makanan-halal/.

A. Apriyantono, Masalah Halal : Kaitan antara Syar’i, Teknologi dan Sertifikasi, PT Kiblat Buku Utama, 2005.

K. S. Hasan, "Kepastian Hukum Sertifikasi dan Labelisasi Halal Produk Pangan", Jurnal Dinamika Hukum, vol. 14, no. 2, p. 227–238, 2014.

Mukidi, "Prosedur Pemberian Sertifikat Label Halal Terhadap Produk Makanan Di Restoran Hotel Syariah Untuk Mewujudkan Hak Kenyamanan Konsumen Muslim (Studi Di Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara)," Jurnal Hukum Kaidah, vol. 19, no. 3, pp. 397-415, 2020.

H. Merdesci, "Pangan Halal dan Cara Memilih Produk Kemasan yang Aman dan Halal," Jurnal Teknologi Pertanian, vol. 2, no. 2, pp. 31-41, 2013.

S. K. R. Indonesia, "Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum," Diakses: 3 Januari 2022 . [Online]. Tersedia: https://jdih.setkab.go.id /PUUdoc/176351/PP_Nomor_39_ Tahun_2021.pdf.

M. F. M. Mohammad, "Pengaturan Sertifikasi Jaminan Produk Halal Di Indonesia," Kertha Wicaksana: Sarana Komunikasi Dosen dan Mahasiswa, vol. 15, no. 2, pp. 149-157, 2021.

M. S. Hidayatullah, "Sertifikasi dan Labelisasi Halal Pada Makanan Dalam Perspektif Hukum Islam (Perspektif Ayat Ahkam)," Yudisia : Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam, vol. 11, no. 2, pp. 251-270, 2020.

A. Kamsari, "Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal," Diakses: 02 February 2022. [Online]. Tersedia: http://halal.go.id/cms/assets/files/Materi_Pak_Amru_compressed

Z. Ubaydilla dan M. S. Fathurohman, "Implementasi Halal Tracebility Supply Chain Dengan Model Supply Chain Operation Reference (SCOR) Industri Makanan Halal," Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, vol. 8, no. 5, pp. 617-629, 2021.

K. S. Hasan, "Kepastian Hukum Sertifikasi dan Labelisasi Produk Halal," Jurnal Dinamika Hukum, vol. 14, no. 2, pp. 227-238, 2014.

Syafrida, "Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Memberi Perlindungan Dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim," ADIL: Jurnal Hukum, vol. 7, no. 2, 2017.

S. Ramalan, "Okezone.com," [Online]. Tersedia: https://economy.okezone.com/read/ 2020/10/24/320/2298876/ekspor-indonesia-ke-negara-oki-diacungi-jempol-tapi.

W. L. Neuman, “Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches”, USA: Pearson, 2014.

N. W. Lawrence, “Social Research Methods”, Boston: Allyn and Bacon, 2014.

The International Trade Centre,"From Niche to Mainstream” Tersedia: 15 Januari 2022. [Online]. Tersedia: https: //www.intracen.org/uploadedFiles/intracenorg /Content/Publications/Halal_Goes_Global-web(1).pdf.

BPS, “Berita Resmi Statistik Triwulan IV 2021”, 2021.

BPS, “Berita Resmi Statistik Triwulan III 2020”, 2020.

T. H. S. M. A. Fathoni, "Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan", Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 6 , pp. 428-435., 2020.

I. D. Ana, "Wapresri.go.id", Diakses: 5 Februari 2022. [Online]. Tersedia: https://www. wapresri.go.id/kuasai-pasar-halal-dunia-indonesia-perlu-perkuat-riset-produk-halal/.

KADIN, "Indonesia Halal Products In The Global Market Competition” [Online]. Tersedia: https://isef.co.id/wp-content/uploads/2019/11/INHALIFE-2019-.pdf.

D. P. A. Yustinus, "Bisnis.com", Diakses: 03 Februari 2022. [Online]. Tersedia: https:// ekonomi.bisnis.com/read/20201031/12/1311740/indonesia-incar-negara-oki-sebagai-tujuan-ekspor-potensial.

M. Amin, "Wapresri.go.id," [Online]. Tersedia: https://www.wapresri.go.id/kuasai-pasar-halal-dunia-indonesia-perlu-perkuat-riset-produk-halal/.

N. Masruroh, "The Competitiveness of Indonesian Halal Food Exports in Global Market Competition Industry", Jurnal Ekonomi Islam, vol. 11, no. 1, pp. 25 - 48 , 2020.

"Komite Nasional Keuangan Syariah," 2020. [Online]. Tersedia: http://iaiglobal.or.id/v03/files/file_publikasi/panel.

K. P. P. N. B. P. P. Nasional, "Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024," 2018.

S. H. Situmorang, "The Challenges of FinTech Inclusion and Digitization of SMEs in Indonesia," in FinTech Development for Financial Inclusiveness, pp. pp.118-134, 2022.

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

[1]
R. Qoni’ah, “Tantangan dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia di Pasar Global”, hr, vol. 2, no. 1, Mar. 2022.