Pengaruh Quality Awareness Dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction Pada Produk Wardah

Authors

  • Ariza Qanita Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Zackya Ulul Albab Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.299

Keywords:

Brand Image; Customer Satisfaction; Quality Awareness.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara kesadaran kualitas (Quality Awareness) dan citra merek (Brand Image) terhadap kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction) pada produk kosmetik Wardah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan Statistical Process Social Science (SPSS). Objek penelitian ini adalah pengguna kosmetik Wardah dari berbagai jenis produk yang berjumlah sebanyak 71 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quality Awareness dan Brand Image berpengaruh terhadap Customer Satisfaction baik secara parsial maupun secara simultan. Quality awareness berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dengan koefisien regresi sebesar 0,595. Brand Image berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dengan koefisien regresi sebesar 0,348. Quality awareness dan brand image secara berkesinambungan berpengaruh terhadap customer satisfaction dan dapat menjelaskan 74,3% dari variasi variabel customer satisfaction. Wardah sebaiknya lebih mengutamakan penjagaan kualitas karena hal tersebut
mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Besta Adistya A., D. A. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Peacock Coffe di Jalan Gajah Mada Semarang). Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Dewi Kurniawati, S. A. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis , 14 (2).

Diab, B. (2009). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan. Tesis, Universitas Diponegoro, Magister Manajemen, Semarang.

Eugenia Andrea Dennisa, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management , 5(3).

Fanny Fibriyanti Salim, D. D. (2014). Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Mobil Toyota Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra , 2 (1).

Inggarrestu Pradiptaningtyas, A. H. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek, Assosiasi Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Minute Maid Pulpy (Studi Pada Konsumen Minute Maid Pulpy di Kecamatan Banyumanik). Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional (Survey Pada Industri Rumah Tangga Dodol Daging Pala Audia di Tahuna Kab. Sangihe). Jurnal EMBA , 01 (03).

Radita Herliza, M. E. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada Zara di Mall PVJ Bandung. e-Proceeding of Management, 3.

Rizky Desty Wulandari, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis , 3 (1).

Downloads

Published

2020-08-20 — Updated on 2020-09-30

How to Cite

Qanita, A., & Albab, Z. U. . (2020). Pengaruh Quality Awareness Dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction Pada Produk Wardah. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 13–22. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.299

Issue

Section

Articles