PENGEMBANGAN KUMALASARI (BUKU PEDOMAN BELAJAR SISWA MANDIRI) BAGI SISWA KELAS V SD

  • Arik Umi Pujiastuti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Dewantari Dharma Pramudya Wardhani Yayasan Pendidikan Muhammadiyah Palang

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk berupa buku pedoman belajar siswa mandiri. Adanya pengembangan yang dilakukan untuk memberikan alternatif solusi pembelajaran saat pandemi Covid 19. Jenis penelitian adalah pengembangan dengan menggunakan model Borg an Gall. Prosedur yang dilakukan adalah 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain. Instrumen yang digunakan adalah, lembar angket, lembar wawancara, lembar validasi, dan lembar catatan proses pengembangan. Adapun hasil dari pengumpulan data bahwa, hanya 15% orang tua yang mendampingi putra-putrinya belajar, 100% orang tua merasa pembelajaran tidak efektif, 85% petunjuk yang dibeikan guru dalam mengerjakan tugas tidak. Hasil angket siswa menunjukkan, sebanyak 85% mereka jenuh dengan pembelajaran dan 85% menginginkan petunjuk yang jelas dalam pengerjaan tugas. Berdasarkan hal tersebut maka dibuatlah desain produk dan dilakukan penilaian dengan validasi oleh 3 ahli, materi, bahasa, desain. Hasil validasi pertama masing-masing ahli materi, bahasa, dan desain didapatkan rata-rata dan persentase, 2.6, 2, 2.6, 52%, 20%, 52%. Berdasarkan masukan yang diberikan maka ada perbaikan produk sehingga hasil validasi mengalami peningkatan rata-rata dan persentase dari ketiga validator yaitu, ahli materi 4.6 persentase 96%, ahli bahasa  dan persentase 80%, ahli desain 4.6 dengan ersentase 92%. Berdasarkan hasil yang didapatkan maka produk yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Moh Irfan.2010. Pengembangan Buku Panduan Pengasuhan Untuk Mengembangkan Potensi Membaca Anak Usia Prasekolah. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Alamsyah.2016. Karekteristik Buku Teks Akidah Akhlak Kelas XI Madrasah Aliyah ‘Aisyiyah Palembang Dan Madrasah Aliyah Al-Khoiriyah Desa Timbul Jaya Kec. Muara Sugihan Kab. Banyumas. Skripsi Tidak Diterbitkan. Pelembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Dewi, Wahyu Aji Fatma.2020.Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online):(https://edukatif.org/index.php/edukatif/index, diakses 20 Juni 2020).

Elsevier.2020.Covid-19: Consider Cytokine Strom Syndromes And Immunosuppression.The Company’s Public News And Information Website.(Online):(https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30628-0, diakses 26 Juni 2020)

Farida, Ida., Rahmawati, Risa., Aisyah, Riri & Helsy, Imelda.2020.Pembelajaran Kimia Sistem Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Generasi Z.Karya Tulis Ilmiah.(Online):(http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30638, diakses 21 Juni 2020).

Hermawan, Deddy., Rahmawati, Novi & Dony, Novrian.2019.Pengembangan Buku Pengayaan Kimia Sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri Pada Pembelajaran Kimia Tentang Larutan Elekrolit Dan Nonelekrolit.(Online):(http://respository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/583, diakses 20 Juni 2020)

Rahayu, Nenden Rosita.2019.Hubungan Kemandirian Dengan Hasil Belajar Peserta Didik.(Online):(http://respository.unpas.ac.id/id/eprint/45495, diakses 18 Juni 2020).

Sugiyono.2015.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.ALFABETA cv.Bandung

ZheXu, dkk.2020.Pathological Findings Of Covid-19 Associated With Acute Respiratory Distress Syndrome.Case Report.(Online):(https://doi.org/10/1016/52213-2600(20)30076-X, diakses 26 Juni 2020)
Published
2022-02-04
How to Cite
Pujiastuti, A., & Wardhani, D. (2022, February 4). PENGEMBANGAN KUMALASARI (BUKU PEDOMAN BELAJAR SISWA MANDIRI) BAGI SISWA KELAS V SD. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 138-149. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.151
Section
Articles
Abstract viewed = 200 times
PDF downloaded = 294 times