PENERAPAN METODE METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI MAN 2 TULANG BAWANG BARAT

Authors

  • Maratus Nur Sholehah STIT Darul Ishlah
  • Raisul Umam Ghazali STIT Darul Ishlah
  • Ahmad Sujarno STIT Darul Ishlah

Keywords:

metode, metakognitif, prestasi belajar

Abstract

Metode metakognitif adalah metode yang memancing proses berpikir siswa, mendorong siswa untuk menilai pembelajaran yang telah dilakukan. Dengan memantau dan menilai pembelajaran siswa, siswa akan lebih berpikir untuk dapat menilai pembelajaran yang sedang dilakukan. Setelah proses berpikir ini, siswa akan termotivasi untuk memikirkan cara belajar yang baik, sehingga siswa dapat lebih memikirkan waktu belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan desain penelitian one shot case study karena data yang diperoleh dari hasil penelitian digunakan untuk mendeskripsikan atau mendeskripsikan apa yang menjadi tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan aktivitas siswa dengan menggunakan metode metakognitif, prestasi belajar siswa dan respon siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian disesuaikan dengan fokus dan tujuan penelitian. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes: Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dan dilakukan pada data kuantitatif dan kualitatif. Penerapan metode pembelajaran metakognitif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MAN 2 Tulang Bawang Barat. Peningkatan prestasi tersebut terlihat dari persentase kenaikan indikator: 1) siswa yang mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab mengalami peningkatan sebesar 27,82%, 2) siswa yang mampu menyelesaikan masalah mengalami peningkatan sebesar 33,77%, 3) siswa yang mampu menyelesaikan masalah mengalami peningkatan sebesar 33,77%, 3) siswa yang mampu percaya pada kemampuan sendiri mengalami peningkatan 45.766%. Hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Tulang Bawang Barat juga meningkat setelah penerapan metode metakognitif. Hal ini terlihat dari persentase peningkatan hasil belajar yang telah dicapai siswa sebesar 15,12%.

References

Agustina, Lucky dan Madewi Mulyanratna. 2010. Penerapan Strategi Belajar Metakognitif dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Pada Materi Cahaya di Kelas VIII SMP Negeri 1 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Surabaya: Diterbitkan.

Ahnam, L. 2007. Persepsi pelajar belbagai gaya pembelajaran terhadap penerapan strategi metakognitif guru. Disertasi. Universitas Teknologi Malaysia, Malaysia

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Asfiatul’ain,Furi.2009.Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Strategi Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi.tidak dipublikasikan.surabaya : Universitas Negeri Surabaya

In’am, A. 2009. peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study berbasis metakognitif.Jurnal pendidikan. 12: 125-135

Maulana. 2008. Pendekatan Metakognitif Sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar Nomor 10 Oktober 2008: Diterbitkan.

Muaddab, Hafis. 2011. Pengertian Konsep Metakognitif. http://hafismuaddab.wordpress.com/2011/03/15/pengertian-konsepmetakognitif/. Diakses tanggal 5 Agustus 2021.

Muji, 2005. Henneneutik Pascakolonial Sod Identitas. Yogyakarta: Kanisius.

Nur, Muhammad.2000. Strategi Belajar Mengajar. Suarabaya : Pusat Sains Dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya

Sapa’at, Asep. 2008. Metakognitif: Belajar Bagaimana untuk Belajar. http://sahabatguru.wordpress.com/2008/12/11/metakognitif-belajarbagaimana-untuk-belajar/. Diakses tanggal 5 Agustus 2021.

Shannon, Steven. 2008. Using Metacognitive Strategies and Learning Styles to Create Self-Directed Learners. Institute for Learning Styles Journal. Volume 1, Fall 2008: Diterbitkan.

Shannon, Steven. 2008. Using Metacognitive Strategies and Learning Styles to Create Self-Directed Learners. Institute for Learning Styles Journal. Volume 1, Fall 2008: Diterbitkan.

Stephan dan Gary Kotze. 2009. Metacognitive Strategies in The Teaching and Learning of Mathematics. Journal Education, Pythagoras, December 2009, 70, page 57-67: Diterbitkan.

Sumarno, Joko. 2007. Peningkatan PemahamanKonsep Matematika Melalui Pembelajaran dengan Strategi Metakognitif. Jurnal Pendidikan Widyatama, Desember 2007, Volume 4, Nomor 4: Diterbitkan

Susantini, E. 2005. Strategi metakognitif dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran genetika siswa SMA. Jurnal Pendidikan. 12 (1): 62-74

Sutama. 2011. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS dan PTBK. Semarang: CV. Citra Mandiri Utama.

Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media.

Tahar, Irzan dan Enceng. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, September 2006, Volume 7, Nomor 2, 91-101: Diterbitkan

Downloads

Published

03-06-2021 — Updated on 03-06-2021

How to Cite

Nur Sholehah, M., Ghazali, R. U., & Sujarno, A. (2021). PENERAPAN METODE METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI MAN 2 TULANG BAWANG BARAT. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 1(1), 30–39. Retrieved from https://ejurnal.stitdaris.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/2

Issue

Section

Artikel