IMPLEMENTASI GERAKAN MENGAJI BA’DA MAGRIB DI MASJID AL GHOFUR DESA DWT JAYA BANJAR AGUNG TULANG BAWANG

Authors

  • Raisul Umam Ghazali STIT Darul Ishlah
  • Pondra Muliawan STIT Darul Ishlah

Keywords:

implementasi, mengaji, magrib

Abstract

Kebiasaan positif membaca Al-Qur'an dikalangan masyarakat sudah mulai ditinggalkan dengan menyaksikan siaran televisi, bermain game, internet tanpa mengenal waktu.Kegiatan mengaji rutin yang dilakukan setelah shalat maghrib sudah ditinggalkan dan tidak termasuk pada kegiatan yang membanggakan. GEMMAR Mengaji menjadi penting, melihat jam pembelajaran di sekolah maupun perkuliahan mengenai pendidikan agama islam yang terbatas dan masih ada sebagian umat islam tidak dapat membacakan Al-Qur'an secara tartil, apalagi memahami isinya. Tujian dari penelitian ini adalah untukmenjelaskan penyelenggaraan gerakan mengaji ba’da magrib di Masjid Al-Ghofur desa DWT Jaya Banjar Agung Tulang Bawang dan 2. Untuk mendeskripsikan permasalahan dalam mengimplementasikan Gerakan Mengaji Ba’da Magrib di Masjid Al Ghofur desa DWT Jaya Banjar Agung Tulang Bawang. penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yang dilakukan dengan menyelidiki dan mengamati secara mendalam hingga memperoleh penjelasan yang sesuai pada permasalahan serta objek penelitian yang diangkat.Hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan Gerakan Mengaji Ba’da Magrib di Masjid Al Ghofur desa DWT Jaya Banjar Agung Tulang Bawang berjalan lancar yang dilaksanakan Ba’da Ashar dan Ba’da Maghrib dari anak-anak kecil maupun dewasa, pelaksanaan pengajian tentang pembacaan Al-Qur’an dengan tajwid masih pada tahap pembelajaran. Sedangkan pelaksanaan pengajian mengenai metode pembacaan Al-Qur'an berdasarkan tajwid, hadist, tauhid, fiqh, ibadah, serta berbagai macam kajian keagamaan yang lain dilaksankan setiap malam kamis dimana ada pembagian perharinya ada satu sampai dua hari yang diisi pembelajaran fiqih dan pengajian ilmu tajwid.

References

Abuddin Nata. 2010. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia: Bogor: Kencana.

Budiyono, A. E. 2021. Penerapan Sistem Among di Sd Al-Qur’an Darul Ishlah Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 134-139.

Manna Khalil al-Qattan. 2010. Mabahis Fi Ulum Al-Qur’an, Terj. Aunur Rafiq, Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Jakarta; Pustaka al-Kautsar.

Departemen Agama RI. 2012. Al-Quran dan Terjemahannya. Semarang: Karya Toha Putra.

http://www.republika.co.id/berita/koran/dialog-jumat/14/06/06/n6qgo72-prof- drnasaruddin-umar-mengembalikan-budaya-mengaji-umat-islam, diakses pada tanggal 12 Januari 2020.

Tim Penyususun Kamus Pusat Pembinaan Bahasa Indonesia Depdikbud. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam. 2009. Ensiklopedia Islam. Jakarta: Iktiar Baru Van Hoeve.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Abdul Karim Zaidan. 2010. Dassar-Dasar Ilmu Dakwah. Jakarta: Media Dakwah. hlm. 270.

Nurul Huda. 2010. Pedoman Majlis Taklim. Jakarta: KODI.

A. Rosyid Saleh. 2009. Manajemen Dakwah Islam. Jakarta: Bulan Bintang. Abdul Wahab Khallaf. 2009. Kaidah-kaidah Hukum Islam. Bandung: Risalah.

Tim Penyusun Kamus. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Abudin Nata. 2011. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Pers.

Basyiruddin Usman. 2012. Metode Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Zakiah Daradjat. 2010. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Abdul Majid. 2015. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetens Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abudin Nata. 2011. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga- Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Fadjri Wahyu. 2018. Pengembangan Masyarakat Islam: Program Magrib Mengaji Kecamatan Koto Tangah Padang, Sumatera Barat. Jurnal Al-Fuad. Vol.1(2):115-125.

Subiantoro, S. 2021. Implementasi Metode Drill untuk Peningkatan Kemampuan Siswa Memahami Kaidah Nahwu pada Siswa Kelas VII B MTs Nurul Hidayah Simpang Asahan Tulang Bawang Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 714-727.

Downloads

Published

20-12-2021

How to Cite

Umam Ghazali, R., & Muliawan, P. (2021). IMPLEMENTASI GERAKAN MENGAJI BA’DA MAGRIB DI MASJID AL GHOFUR DESA DWT JAYA BANJAR AGUNG TULANG BAWANG. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 1(2), 1–13. Retrieved from https://ejurnal.stitdaris.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/10