PENGAMALAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM BERDEMOKRASI PADA MASYARAKAT

STUDI KASUS DI KECAMATAN PALOH KABUPATEN SAMBAS

  • Irpan Riadi IAI Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas - Indonesia
  • Purniadi Putra IAI Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas - Indonesia
Keywords: Pendidikan Islam, Demokrasi, Islamic Education, Democracy

Abstract

This study aims to determine the practices carried out by the residents of Sebubus Village, Paloh District in democracy. This study uses a descriptive qualitative approach. The subjects of this study were residents of Sebubus Village, Paloh District, Sambas Regency. To obtain valid data accuracy in research using instruments; interview (interview) observation and documentation. The results of the study show that the perspective of practicing Islamic education in the 2019 Pilkades can be seen from the momentum of the village-level democratic party carried out by the organizers, especially the Pilkades committee formed by the Village apparatus or the Village Consultative Body (BPD). The practice of Islamic educational values in democracy is a form of brotherhood between fellow human beings (ukhuwah basyariyah), fellow religious people (ukhuwah diniyah), fellow Muslims (ukhuwah Islamiyah), and fellow citizens (ukhuwah wathaniyah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslan, “Pergeseran Nilai di Masyarakat Perbatasan (Studi tentang Pendidikan dan Perubahan Sosial di Desa Temajuk Kalimantan Barat)”, Disertasi, (Banjarmasin: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Antasari. 2019
Asraman, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: CV Rajawali, 1992
Daradjat, Zakia, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2004
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet XI, Jakarta: Balai Pustaka, 2010
Eriyanto, “Pengelolaan Madrasah yang Efektif: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam di Era Industri 4.0, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia”, Volume 4 Nomor 1, Oktober 2019
Fachruddin, Fuad, Agama dan Pendidikan Demokrasi: Pengamalan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama , (Jakata: Pustaka Alvabet dan INSEP. 2006
Fahmi, Muhammad “Pendidikan Islam, Demokratisasi dan Kewarganegaraan
Fuad Fachruddin dalam judul “Demokrasi Pendidikan dan Pendidikan Demokrasi” pada https://m.mediaindonesia.com/read/detail/170950-demokrasi-pendidi kan-dan-pendidikan-demokrasi. Diakses pada 19-12-2019, pukul 16:25.
George Klosko, History of Political Theory, an Introduction, Vol. 1, Orlando: Harcourt Brace and Company Publisher, 1993
Kaspullah, Suriadi, Adnan, “Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural dalam Menumbuhkan Semangat Kebhinnekaan”, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 11, Nomor 1, 2020; 55-72.
Muftiah, Lailial “Pola Pengembangan Kurikulum Pesantrenkasus Al-Mukhlishin Mempawah Kalimantan Barat, Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, Vol. XVII No. 2 2012/1433, 2012
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Grafindo Persada, 2005
Mustofa, Imron “Pendidikan Islam Sebagai Institusi Politik Demokrasi Tertinggi di Indonesia”, Halaqa: Islamic Education Journal, Vol 1, No 1, Juni 2017, 27-42.
Putra, Purniadi, ‘Implementasi Pendidikan Karakter: Integrasi Lagu Melayu Sambas Dalam Pembelajaran Pada Min Kabupaten Sambas’, Sosial Budaya, 16.2 (2019)
Saputra, Darmawan, Purniadi Putra, and Wulan Purnama Sari, ‘Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19’, Cross-Border, 4.2 (2021), 87–95
Rahman, Mufiqur “Demokrasi dalam Filsafat Pendidikan Barat dan Islam (Kajian Tentang Nilai-Nilai Demokorasi dan Implementasinya dalam Konteks Pendidikan Indonesia)”, Cendikia: Jurnal Studi Keislaman, volume 3, nomor 2, Desember 2017; 13-23.
Rahman, Mufiqur “Demokrasi dalam Filsafat Pendidikan Barat dan Islam (Kajian Tentang Nilai-Nilai Demokorasi dan Implementasinya dalam Konteks Pendidikan Indonesia)”
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2009
Tim Penyusun Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi, Cet I, Kementerian, Tekonologi, dan Pendidikan Tinggi RI. 2016
Uhbiyati, Nur Ilmu Pendidikan Islam I, Bandung: Pustaka Setia, 1998
Winarno, Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Bumi Aksara. 2010
Winataputra, Udin dan Dasim Budimansyah, Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran), Bandung: Widya Aksara Press. 2012
Zamroni, Pendidikan Untuk Demokrasi, Yogykarta: Bigraf Publishing. 2003
Published
2021-08-12
How to Cite
Riadi, I., & Putra, P. (2021, August 12). PENGAMALAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM BERDEMOKRASI PADA MASYARAKAT. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 12(2), 1-15. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v12i2.323
Section
Articles