Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kereta Musik Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Nurhenti Dorlina Simatupang Universitas Negeri Surabaya
  • Resi Rosalianisa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jeced.v3i2.1404

Keywords:

anak usia dini, perkembangan bahasa , permainan kereta musik

Abstract

Train educational game music is a game of playing musical instruments such as tambourines, harps, saron, maracas, and guitars in the form of train cars which are varied with songs. This study aims to determine the effect of the musical train educational game media on the language development of children aged 5-6 years. The research method used is a quantitative method. The subjects in this research trial were five children aged 5-6 years and 30 PAUD teachers. The results of trials conducted on five children aged 5-6 years, namely before the trial was 26% and increased to 91% after the media trial train educational game. music. This shows that the train educational game music can improve language development and early reading skills of children aged 5-6 years. The validation results from material experts are 90%, media experts are 75%, and the feasibility assessment of 30 PAUD teachers is 93%. From this research, it shows that the train educational game tool music that has been tested on a small scale is valid and feasible. It shows the train game music is effective and has an effect on children's language development and can be applied and has an attraction for early childhood in learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Anas. 2015. Psikologi Menulis. Yogyakarta: Ombak.

Anwar, Muhammad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Group

Didik, Santosa. 2019. “Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Ikip Veteran 26 (1): 78–88.

Harliza, Trisia. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Diam Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di PAUD 4 Putri Desa Talang Besar Kecamatan Padang Guci Hilir Kabupaten Kaur.” Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Iin, Priyanti dan Setyowati. 2015. “Optimalisasi Kecerdasan Emosi Melalui Musik Feeling Band Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Care 03 (1): 20–33.

Indra, Wicaksono. 2011. “Penggunaan Musik Sebagai Media Pembelajaran Seni Di Taman Kanak – Kanak Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang.” Universitas Negeri Semarang.

Intan Atika, dan Nurhenti Simatupang. 2019. “Pementasan Drama Operet Dalam Menstimulasi Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini Di TK Dunia Suzan Tegalsari Surabaya.” Jurnal PAUD Teratai 01 (1): 1–6.

Juhaeni, J., Ludiawati, W., Safaruddin, S., Laili, L. N., Ulfa, L. Z., & Ambarwati, P. (2020). Kesantunan Berbahasa pada Anak Melalui Pembiasaan. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 117-123.

Kartini, Ketut Sepdyana, I Nyoman Tri, and Anindia Putra. 2020. “Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android.” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 4 (1): 12–19.

Kurnia, Guslinda dan Rita. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jakad Publishing Surabaya.

Kurnia, Lita. 2019. Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.

Kurniadewi, Atika. 2014. “Pengaruh Permainan Musik Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Islam Makarima Kartasura.” Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lestari, Novita. 2014. “Mengoptimalkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Dengan Bermain Alat Angklung Di Sentra Musik Kelompok B Pendidikan Anak Usia Dini Tunas Harapan Kota Bengkulu.” Universitas Bengkulu.

Lutfiyah Erni, Rakhmawati. 2019. “Kajian Permainan Angka Domino 14 Untuk Kemampuan Mengenali Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 03 (2): 1–8.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mei, Harfiani. 2019. “Perbedaan Kemampuan Musik Anak Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Kolintang Dengan Anak Yang Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Kolintang Di Tk Negeri Kintelan Semarang.” Universitas Negeri Semarang.

Musfah, Jejen. 2012. Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Nadia Sari, dan Nurhenti Simatupang. 2014. “Survei Faktor Yang Mempengaruhi Pertimbangan Orangtua Dalam Pemilihan Taman Kanak- Kanak (TK) Di Kota Surabaya.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Universitas Negeri Surabaya.

Nasution, Raisah Armayanti. 2016. “Pembelajaran Musik Bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini.” Jurnal Raudhah 04 (1): 11–21.

Permendikbud No, 137. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Prehatiningsih, Arip, Warananingtyas Palupi, and Muh Munif Syamsuddin. n.d. “Pengaruh Permainan Musikal Terhadap Kreativitas Anak 5-6 Tahun.” In . Surakarta: LLPM Universitas Sebelas Maret.

Puspita, Deka. 2018. “Pengaruh Bermain Musik Sederhana Terhadap Kreativitas Anak Di Paud Harapan Ananda Kota Bengkulu.” institut agama islam negeri kota bengkulu.

Rahim, Farida. 2006. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rakhmawati, Nur Ika Sari. 2017. Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak. Surabaya: Unesa University Press.

Ridho dan Tressyalina, Putra. 2020. “Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual Di Taman Kanak – Kanak Darul Falah.” Jurnal Literasi 04 (2): 168–74.

Riduwan, Akdon. 2013. Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rohman, Miftah Arif. 2015. “Pengembangan Media Permainan Monopoli Dalam Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan.” Jurnal Pendidikan Seni Rupa 03 (1): 47–56.

Setiawan, Heru. 2011. Landasan Konseptual Perencanaan Dan Perancangan Pusat Pendidikan Musik Di Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogykarta: Pedagogia.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tirto, H. 2013. “Bentuk Pertunjukan Musik Japanese Rock Di Semarang: Kajian Musikologis. Skripsi.” Jurnal Seni Musik. Universitas Negeri Semarang.

Usman, Muhammad. 2015. Perkembangan Bahasa Dalam Bermain Dan Permainan: Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.

Wibowo, Hery. 2007. Fortune Favor the Ready. Edited by OASE Mata Air Makna. Bandung.

Widhyatama, Sila. 2012. “Pola Imbal Gamelan Bali Dalam Kelompok Musik Perkusi Cooperland Di Kota Semarang.” Jurnal Seni Musik 1 (1): 59–67.

Yuni, K. 2020. “Pengembangan Seni Musik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Drum Band Dan Angklung Di TK Nakita Insan Mulia Purwokerto.” IAIN Puwokerto.z

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Nurhenti Dorlina Simatupang, & Rosalianisa, R. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kereta Musik Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(2), 107–120. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i2.1404

Issue

Section

Articles