DOI: https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol9.Iss2.60

Authors

Muh Chusnul Yakin
Keywords: Studi Hadis, Keutamaan Al-Qur’an, Perspektif Naql

Allah Subḥānallāhu wa Taʿālā menurunkan Al-Qur'an yang Mulia kepada penutup para Nabi dan Rasul: Muhammad - semoga Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian-. Nabi, damai dan berkah besertanya, menjadi konstitusi bagi bangsa Islam ke mana ia diutus, dan panduan bagi orang-orang untuk membawa mereka keluar dari kegelapan kepada cahaya dan membimbing mereka ke jalan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji, dan penjelasan dari segala sesuatu, bimbingan, penyembuhan dan rahmat Bagi orang-orang yang beriman, adalah kewajiban bangsa ini untuk meyakini apa yang diturunkan Allah kepadanya, mengikuti apa yang ada di dalamnya, dan menjalankannya. Dan renungkanlah ayat-ayatnya sambil mengerjakan apa yang disyaratkan, menjauhi fitnah, mengajaknya, dan bersabar terhadap bahaya. Sebaik-baik umat ini adalah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan ilmunya, dan seburuk-buruk umat ini adalah orang yang menurunkan Al-Qur'an dan kerendahannya, dan dia mempelajarinya. Al-Qur'an dan ajarannya didasarkan pada transmisi dan bukan intelek, karena pikiran tidak diukur dengan pembayaran dan karena Pikiran bervariasi dari satu individu ke individu lainnya.

Al-Qur’ān al-Karīm

Abu Dāud. Sunan Abi Dāud tahqīq Muhammad Muhyiddīn Abdul Hamīd. Beirut: al-Maktabah al-ʿAṣriyyah. tt.

Ahmad bin Hanbal. Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal Tahqīq Shuʿaib al-Arnāʾūṭ. Beirut: Muassasah al-Risālah. 1421.

Al-Albāniy, Muhammad Nāṣiruddīn. Manzilah al-Sunnah fī al-ʾIslām wa Bayān Annahū lā Yustaghnā ‘anhā bi al-Qur’ān. Kuwait: al-Dār al-Salafiyyah. 1404.

Al-Baghawiy, Al-Husain ibn Masʿūd. Ṣarhu al-Sunnah Tahqīq Shuʿaib al-Arnāʾuṭ. Beirut: al-Maktab al-Islāmiy. 1403.

Al-Bukhāriy, Ṣahīh al-Bukhāriy Tahqīq Muhammad Zuhair ibn Nāṣir al-Nāṣir. Beirut: Dār Ṭūq al-Najāh. 1422 H.

Al-Dārimiy, Abdullah. Sunan Al-Dārimiy Tahqīq Husain Salim Asad al-Darrāniy. KSA: Dār al-Mughniy. 1412 H.

Al-Naisābūriy, Muslim ibn Hajjāj. Ṣahīh Muslim Tahqīq Muhammad Fuʾad Abd al-Bāqiy. Beirut: Dār ʾIhyā’ Turath al-ʿArabiy. tt.

Al-Nasāʾi, Ahmad. Al-Sunan al-Kubrā Tahqīq wa Takhrīj Hasan Abd al-Munʿin Shalbiy. Beirut: Muassasah al-Risālah. 1421 H.

Al-Shāfiʾiy, Muhammad ibn Idrīs. Musnad al-Imam al-Shāfiʿiy. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah. 1370 H.

Al-Saʿdiy, Abdurrahman bin Nāṣir. Taisīr al-Karīm al-Rahmān. Beirut: Muassasah al-Risālah. 1423.

Al-ʿUtsaimīn, Muhammad bin Ṣālih. Uṣūl fī al-Tafsīr. Al-Maktabah al-Islāmiyyah. 1422.

Al-Ṭabariy, Muhammad bin Jarir. Jāmiʿ al-Bayān ʿan Taʾwīl al-Qurʾān. Beirut: Dār al-Fikr.1415 H.

Al-Tirmidhi, Muhammad bin ‘Isa. Al-Jāmiʿ al-Kabīr Tahqīq Bashshār ʿAwwād Maʿrūf. Beirut: Dār al-Gharbiy al-Islāmiy. 1998.

Ibn Hibbān, Muhammad. Ṣahīh ibn Hibbān bi Tartīb ibn Balbān Tahqīq Shuʿaib al-Arnāʾut. Beirut: Muassasah al-Risālah. 1414.

Ibn Kathīr, ʿIsmāʿīl. Muqaddimah al-Mu’allif Tafsīr al-Qur’ān al-ʿAẓīm Tahqīq Muṣtafa al-Sayyid Muhammad wa Aṣhābih. Riyadh: Dār ‘Ālim al-Kutub. 1425.

Ibn Katsir, Abu al-Fida’ ʿIsmaʿīl. Tafsīr al-Qur’ān al-ʿAẓīm Taṣhīh ʿAbd al-Qādir al-ʾArnāʾūt. Kuwait: Jumʿiyyah al-Turāth al-ʾIslāmiy. 1414.

www.hidayatuna.com , 21 agustus (2019)

Hodri. Penafsiran Akal Dalam al-Qur’ān. Jurnal Keilmuan Tafsīr Hadīth, Vol. 3, No. 1, Juni 2013.