Jual Beli Followers, Likes, Viewers di Instagram Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Main Article Content

Elsava Choiru Bhariatta
Ica Nur Rufaidah
Maziyyah Richa Adnina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang jual beli online yang saat ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Banyak fenomena yang terjadi pada salah satu media sosial berupa Instagram yaitu tempat yang paling popular untuk penjualan secara online dan untuk mempopulerkan akun.  Dalam jual beli online di Instagram ini para seller (pedagang) banyak yang memanfaatkan jasa jual beli followers, likes, dan viewers di Instagram agar online shop mereka dikenal banyak orang dan lebih dipercaya. Selain itu, tidak sedikit fenomena yang menyalahgunakan jual beli followers, likes, dan viewers ini untuk sarana penipuan online.


Dalam penelitian ini kami menggunakan metode kualitatif yang berlandasan kajian literasi dan obeservasi penulis. Dalam artikel ini, penulis ingin menganalisis tentang hukum praktik jualbeli followers, likes dan viewers di Instagram agar dapat digunakan oleh praktisi yang memiliki online shop agar tidak menyalahgunakan hal ini dan juga tambahan khazanah literasi. Menurut beberapa sumber naṣ-naṣ al-Qur’an dan Hadis dan logika kaidah fikih, bahwa hukum jual beli followers, likes, dan viewers di Instagram adalah mubah selama tidak disalahgunakan untuk sarana penipuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Choiru Bhariatta, Elsava, Ica Nur Rufaidah, and Maziyyah Richa Adnina. “Jual Beli Followers, Likes, Viewers Di Instagram Perspektif Hukum Ekonomi Syariah”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 9, no. 1 (September 30, 2020): 32–45. Accessed April 20, 2024. https://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/222.
Section
Articles

References

Al-Qur’an al-Kar?m

Al-Zuhaili, Wahbah. 2011. Fikih Islam Wa Adillatuhu jilid V, terjemah: Abdul Hayyie al-Kattani. Jakarta: Gema Insani.

Amir, Dja’far. 1991. Ilmu fikih. Solo: ramadhani.

Amirullah, dan Abidin, Zainal. 2006. Pengantar Metode Penelitian Hukum, Jakarta: Balai Pustaka.

Anjaskara, Dian Innes, Skripsi “Pengaruh Sikap pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Melalui Instagram,” Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2016.

Arikunto, Suharsiani. 1991. Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktik, Jakarta: Rincka Cipta.

Ash-Shawi, Shalah dan al-Muslih, Abdullah. 2008. Fikih Ekonomi Keuangan Islam, terjemahan Abu Umar Basyir. Jakarta: Darul Haq.

Dahlan, Abdul Azis. Ensiklopedi Hukum Islam,. Cet. 1. Jakarta : Ichtiar van Hoeve. 1996.

Dawwabah, Asraf Muhammad. 2008. Meneladani Keunggulan Bisnis Rasulullah. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra.

Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Djamil, Fathurrahman. 2013. Hukum Ekonomi Syariah, Jakarta: Sinar grafika.

Fadhol Tamimy, Muhamad. 2017. Sharing-mu Personal Branding-mu. Jakarta: Visimedia.

Haroen, Nasrun. 2007. Fiqh Muamalah. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Hasan, M Ali. 2003. Berbagai Macam Transaksi dalam Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Huda, Bakhrul. 2018. “Rekontruksi Akibat Hukum Atas Sikap Nabi Saw. Yang Meninggalkan Suatu Amalan Tertentu (Tark Al-Nabi)”. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam 20 (1), 147-80. https://doi.org/10.15642/alqanun.2017.20.1.147-180.

Mardani. 2000. Fiqh Ekonomi Syariah Fiqh Muamalah. Jakarta: Kencana.

Mustofa, Imam. 2012.Transaksi Elektronik (E-commerce) dalam perspektif Fikih. jurnal Hukum Islam. Pekalongan: STAIN Pekalongan, Volume 10, No.2

Qardawi, Yusuf. 2010. Al-Qarwa’id al-Hakimah Li Fiqh alMu’amalah, Kairo: Dar Al Shuruq.

Sabiq, Sayyid. 1993. Fikih Sunnah 12. Bandung: Alma’arif.

Shobirin. Jual Beli Pandangan Islam. Jurnal dan Bisnis Manajemen, Vol 3, No. 2