Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Moh Khoiri Abdi
Novi Febriyanti

Abstract

Abstract: In the middle of the development of UMKMs that were not too good in early 2020, UMKMs in Indonesia were again tested with the Covid-19 outbreak in the middle of the Indonesian people. The spread of the Covid-19 virus has a direct impact on the drastic decline in the economy of UMKMs, because every citizen, even school students, has a day off to stay at home, as a result, UMKM companies are hampered in sales and production. This article intends to analyze how the preparation of a Islamic marketing strategy that can be done during the Covid-19 pandemic and supporting factors in entrepreneurship in the creative economy sector during the Covid-19 pandemic. Using qualitative research methods with a library research approach. The results of this study prove that the preparation of a Islamic marketing strategy in entrepreneurship in the creative economy sector can be planned through STP (Segmenting, Targetting and Positioning) to attract consumers with the concept of halal market, namely halal activist, active customers, and passive customers. While the supporting factors in entrepreneurship in the creative economy sector during the Covid-19 pandemic to run effectively and efficiently include the concept of promotion, service excellet customer rewards, affiliations or partnerships and social capital.


Keywords: Islamic Marketing Strategy, Business, Creative Economy.


 


Abstrak: Di tengah perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang belum terlalu baik di awal tahun 2020, UMKM di Indonesia kembali diuji dengan wabah Covid-19 ditengah masyarakat Indonesia. Penyebaran virus Covid-19 memberikan dampak yang berimbas langsung terhadap penurunan secara drastis ekonomi UMKM, karena setiap warga bahkan murid sekolah pun diliburkan agar tetap berada didalam rumah, akibatnya perusahaan UMKM terhambat dalam penjualan dan juga produksi. Artikel ini bermaksud ingin menganalisis bagaimana penyusunan strategi pemasaran Islam yang dapat dilakukan pada masa pandemi Covid-19 dan faktor pendukung dalam berwirausaha di sektor ekonomi kreatif pada masa pandemi Covid-19. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penyusunan strategi pemasaran dalam berwirausaha pada sektor ekonomi kreatif dapat direncanakan melalui STP (Segmenting, Targetting dan Positioning) untuk menarik konsumen dengan konsep halal market, yaitu halal activist, active customers, dan passive customers. Sedangkan faktor pendukung dalam berwirausaha di sektor ekonomi kreatif pada masa pandemi Covid-19 agar berjalan secara efektif dan efisien diantaranya adalah konsep promotion, service excellet customers rewards, afiliasi atau kemitraan dan modal sosial.


Kata Kunci: Strategi Pemasaran Islam, Bisnis, Ekonomi Kreatif

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Abdi, Moh Khoiri, and Novi Febriyanti. “Penyusunan Strategi Pemasaran Islam Dalam Berwirausaha Di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 10, no. 2 (October 6, 2020): 160–178. Accessed April 27, 2024. https://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/341.
Section
Articles

References

Abdullah, Thamrin. Tantri, Francis. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Adha, Mufti Alam. Wahyudi, Rofiul. Nahar, Faiza Husnayeni. “Pengaruh Program Loyalitas terhadap Kesetiaan Konsumen pada Industri Halal di Yogyakarta”. Jurnal Ihtifaz: Islamic Economics, Finance and Banking. Vol. 1, No. 1, (Juni, 2018). 69-88.

Asqalani (al), Ahmad b. Ali b. Hajar. Fat? al-B?ri Shar? al-?a??? al-Bukh?r? .Kairo: D?r al-Rayy?n li al-Tur?th, 1986.

Assauri, Sofian. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. cet. Ke-1. ed. 1. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011.

Assauri, Sofian. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 1992.

Azhari, Fadila. Mawardi, Muhammad Kholid. “Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Jaringan Usaha Kecil Menengah”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 59, No. 1, (Juni, 2018). 153-163.

Barata, A.A. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2006.

Betz, N. & Hackett, G. "The relationship of career-related self-efficacy expectations to perceived career options in college men and women". Journal of Counseling Psychology. Vol. 2 No. 8, (1981). 399–410.

Darmesta, Basu Swastha. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty, 2002.

Daryanto dan Ismanto. Konsumen. Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Fadly, Hawangga Dhiyaul. Sutama. “Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19”. Jurnal Ecoment Global. Vol. 5, No. 2, (Agustus, 2020). 213, 223.

Fahlevi, Mirdha dan Yusnaidi. “Entrepreneurial Leadership, Self Effcicacy, Inovasi dan Modal Sosial dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif”. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. Vol. 4, No. 1, (2020). 13-29.

Fathy, Rusydan. “Modal Sosial: Konsep, Inklusivitas dan Pemberdayaan Masyarakat”. Jurnal Pemikiran Sosiologi. Vol. 6, No. 1, (2019).

Firdausy, Carunia Mulya. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2017.

Hamdan, Ali. “Sistem Kemitraan Melalui Kelembagaan Bisnis”. Jurnal AdBispreneur. Vol. 1, No. 1, (April, 2016). 73-84.

Hardilawati, Wan Laura. “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19”. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika. Vol. 10, No. 1, (Juni, 2020). 89-99.

_________. “Model Pemasaran Hubungan Pelanggan, Inovasi Dan E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Ukm Di Pekanbaru”. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika. Vol. 9, No. 2, (2019). 213–222.

Heriyadi. “Strategi Positioning dalam Persaingan Bisnis”. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship. Vol. 3, No. 3, (September 2018). 261-272.

Intitut Tazkia. Tujuh Paket Ekonomi dan Keuangan Syariah Mengatasi Dampak Krisis Covid-19. Bogor: Intitut Tazkia, 2020.

Iskandar, Azwar. Possumah, Bayu Taufiq. Akbar, Khaerul. “Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam Saat Pandemi Covid-19”. SALAM: Jurnal Sosial dan budaya Syar-I. Vol. 7, No. 7, (2020). 625-638.

Jiwa, I Dewa Nyoman Arta. “Relationship Marketing, Power dan Loyalitas pada Hubungan Bisnis”. Jurnal Mitra Manajemen. Vol. 2, No. 3, (2018). 115-251.

Jurnal Entrepreneur, “Strategi Pemasaran Produk Bisnis di Tengah Pandemi Corona”, https://www.jurnal.id/id/blog/7-strategi-pemasaran-produk-ukm-saat-krisis- virus-Covid-19/, diakses pada tanggal 24 Mei 2020.

Kasmir. Etika Customer Service. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005.

Kementerian Keuangan, “Solusi Ekonomi dan Keuangan Islam Saat Pandemi COVID-19”, https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel-dan-opini/solusi-ekonomi-dan- keuangan-islam-saat-pandemi-Covid-19/, diakses pada tanggal 20 Mei 2020.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Siaran Pers, http://www.depkop.go.id/siaran-pers, diakses pada tanggal 18 Juni 2020.

Kotler, Philip. Marketing. Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 1987.

_________. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2000.

Muflih, Muhammad, and Diharpi Herli Setyowati. 2015. “APLIKASI SISTEM KEUANGAN MUSYARAKAH MUTANAQISHAH SEBAGAI INSTRUMEN PERMODALAN UMKM DI INDONESIA”. El-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 5 (2):1020-41. https://doi.org/10.15642/elqist.2015.5.2.1020-1041.

Moleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Pearce, John A., Robinson, Richard B. Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat, 2014.

Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 6 Tahun 2015 tentang Badan Ekonomi Kreatif.

Rivai, Veithzal. dkk, Islamic Business and Economic Ethics. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Sumarni, Yenti. “Manajemen Ekonomi Islam dalam Menangani Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia”. Jurnal Baabu Al-Ilmi. Vol. 5, No. 1. (April, 2020). 117-127.

Tamtama, Noviadry Nur. Peran Relationship Marketing dalam Menciptakan Loyalitas Pelanggan. Tesis – Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Tasruddin, Ramsiah. “Strategi Promosi Yang Efektif”. Jurnal Al-Khitabah. Vol. II, No. 1, (Desember, 2015). 107 – 116.

The World Bank, “World Bank Group and Covid-19 (Coronavirus)”, https://www.worldbank.org/en/who-we-are/news/coronavirus-covid19, diakses pada tanggal 20 Mei 2020.

Tjiptono, Fandi. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI Offset, 2018.

Wijaya, Hari dan Sirine, Hani. “Strategi Segmenting, Targeting, Positioning serta Strategi Harga”. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship. Vol. 1, No. 3, (September 2016). 175-191.