Representasi Perempuan Muslim dalam Hati Suhita Karya Khilmi Anis

Authors

  • Indra Tjahyadi Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Dheny Jatmiko Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/suluk.2021.3.2.122-130

Keywords:

Hati Suhita, Khilma Anis, perempuan muslim, representasi

Abstract

Artikel ini memfokuskan kajiannya pada keberadaan makna perempuan muslim yang direpresentasikan dalam Hati Suhita karya Khilma Anis. Dalam kajian ini, novel tidak hanya dipahami sebagai sebuah karya sastra yang mimiliki nilai estetika saja, lebih jauh novel sebagai dokumen budaya yang merepresentasikan wacana kebudayaan sebuah masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan makna perempuan muslim yang direpresentasi dalam wacana berjenis novel. Teori yang digunakan dalam kajian ini teori analisis wacana model Ernesto Laclau dan Chantal Mouffe. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode kualitatif desktiptif. Berdasarkan analisis yang dilakukan ditemukan bahwa perempuan muslim direpresentasikan sebagai sosok yang cerdas, berkepribadian yang kuat, serta memiliki keberanian untuk mengaktualisasikan dirinya di tengah masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anis, K. (2019). Hati Suhita. Yogyakarta: Telaga Aksara.

Ariani, I. (2016). Feminisme dalam Pergelaran Wayang Kulit Purwa Tokoh Dewi shinta, Dewi Kunti, Dewi Srikandi. Jurnal Filsafat, 26(2). https://doi.org/10.22146/jf.12786

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Terjemahan; D. Dariyatno, B. S. Fata, A. Abi, & J. Rinaldi, eds.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

El-Saadawi, N. (2011). Perempuan dalam Budaya Patriarkhi (Terjemahan; Z. Zulhilmiyasri, ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fabriar, S. R. (2013). Potret Perempuan dalam Film Perempuan Berkalung Sorban. SAWWA, 9(1).

Hanani, T. (2021). Kuasa semu laki-laki dalam Pengakuan Pariyem, Malam Terakhir, dan Baju: kajian bandingan berparas feminisme. SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(1). https://doi.org/10.15642/suluk.2021.3.1.85-98

Haryanti, N. D., & Fakhriyah, F. N. (2020). Pesantren, Perempuan, dan Subaltern dalam Perempuan Berkalung Sorban dan Hati Suhita. SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 2(2), 140–149. https://doi.org/10.15642/suluk.2020.2.2.140-149

Jorgensen, M. W., & Phillips, L. J. (2007). Analisis Wacana: Teori dan Metode (I. Suyitno, L. Suyitno, & S. Suwarna, eds.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartikawati, D. (2020). Stereotype Perempuan di Media Film: Obyek, Citra dan Komoditi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(3). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i3.975

Laclau, E., & Mouffe, C. (2008). Hegemoni dan Strategi Sosialis: Postmarxisme dan Gerakan Sosial Baru (Terjemahan; E. P. Darmawan, ed.). Yogyakarta: Resist Book.

Miranti, D., & Amzy, N. (2018). Analisis Karakter Tokoh Wayang Srikandi dalam Lakon Perang Bahratayuda sebagai Pembelajaran Karakter untuk Remaja. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 1(01). https://doi.org/10.30998/vh.v1i01.8

Published

2021-12-19

How to Cite

Tjahyadi, I., & Jatmiko, D. (2021). Representasi Perempuan Muslim dalam Hati Suhita Karya Khilmi Anis. SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(2), 122–130. https://doi.org/10.15642/suluk.2021.3.2.122-130

Issue

Section

Articles