STRATEGI PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI

Nurwahyudin Nurwahyudin, Supriyanto Supriyanto

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi penanaman karakter disiplin santri. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Riyadhatul Mujahidin Pudahoa Mowila Konawe Selatan. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber informasi, tehnik dan waktu. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi penanaman karakter disiplin santri di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 terbagi menjadi tiga yaitu: 1) disiplin berbahasa, 2) disiplin belajar dan 3) disiplin Ibadah. Ketiga strategi dalam penanaman karakter disiplin tersebut telah dilakukan secara maksimal, sehingga penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan/role model dalam penerapan disiplin santri khususnya pada pondok pesantren.


Keywords


Strategi; Karakter Disiplin Santri; Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N. (2011). Menanamkan disiplin pada anak melalui dairy activity menurut ajaran Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 9(1–20), 1–13.

Andreas Putra, A. T., Sufiani, & Jahada. (2020). Transformasi Nilai Pendidikan Islam Anak di PAUD Sultan Qaimuddin Kendari Pada Masa Pandemic Covid 19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 79–90. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.8

Anwar, S. (2018). Strategi penanaman karakter disiplin santri di Pondok Modern Darussalam Gontor kampus 3 Darul Ma’rifat Kediri.

Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Bako, F. M., Masrurah, F., Tuli, F., & Arifah, D. (2018). PENGAWASAN DAN EVALUASI PROGRAM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN. Arabi : Journal of Arabic Studies, 3(1), 61. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i1.72

Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Undang Undang No 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional.

Dini Handoko, M. I. D. (2018). Lampung Juga Punya Pondok Pesantren. CV IQRO’.

Diniyah, U. N. (2016). Penanaman karakter disiplin santri dalam peningkatan kualitas hafalan al-Qur’an: Studi multikasus Pondok Pesantren Tahfid al-Qur’an an-Nuriyyah Kebonsari Sukun dan Ha’iah Tahfidz al-Qur’an Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dozan, W., & Fitriani, L. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2

Dunie, W. (2018). PENGARUH PENGARAHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. TELKOM BELITANG OKU TIMUR. Jurnal AKTUAL, 16(2), 107. https://doi.org/10.47232/aktual.v16i2.25

Fandi, A., & Haryanto. (2010). Desain Pembelajaran yang Demokratis dan Humanis. Ar-Ruzz Media.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Bumi Aksara.

Hasyim, M. H. M. (2014). Penerapan fungsi guru dalam proses pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 265–276.

Ihsan MZ. (2018). Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i1.915

Jihan, J. (2014). Pendidikan islam multikultural di pesantren (studi kasus pada pondok modern ittihadul ummah gontor poso. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 2(1), 95–123.

Johan, M. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren; studi Kasus di Tarbiyyatul Muallimin Al-Islamiyyah Pondok Pesantren Prenduan Sumenep. Thesis UIN Maliki Malang.

Kamila, M. Z. (2013). Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas X Melalui Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Prambanan. Skipsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kesuma, D. (2011). Pendidikan karakter: kajian teori dan praktik di sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Malik, O. (2012). Psikologi Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Mardiah. (2012). Kepemimpinan Kyai dalam Memelihara Budaya Organisasi (p. 203).

Meisusri, S., Asri, Y., & Nst, M. I. (2012). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Malaikat-malaikat Penolong Karya

Abdulkarim Khiaratullah. Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 222–229. https://doi.org/10.24036/288-019883

Mulyatiningsih, E., & Nuryanto, A. (2014). Metode penelitian terapan bidang pendidikan.

Mustofa, Y., Razimona, T., Nafi’ah, D. U., & Arifa, Z. (2019). Pengawasan dan Evaluasi Program Bahasa Arab untuk Peningkatan Berkelanjutan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Al-Ma’rifah, 16(2), 113–121. https://doi.org/10.21009/almakrifah.16.02.01

Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2022). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603

Nuriyatun, P. D. (2016). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 33 Tahun ke-5 (p. 180).

Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah/Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1).

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Syam, A. R. (2015). Manajemen pendidikan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren: Studi kasus di Pondok Modern Darussalam Gontor.

Syofniati, S. (2019). IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI (STUDI DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 4 PEKANBARU). JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 6(1).

https://doi.org/10.20527/jpg.v6i1.6996

Tajiri, H. (2011). Integrasi Kognitif dan Perilaku dalam Pola Penanaman Disiplin Santri di Pesantren Al- Basyariah Bandung. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 11(2), 415. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v11i2.42

Talibo, I. (2018). Fungsi Manajemen dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 7(1). https://doi.org/10.30984/jii.v7i1.606

Tu’u, T. (2014). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Grasindo.

Turban Yani, M. S. H. (2017). Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah (Vol. 03, pp. 1341–1355).

Wuryandani, W., Maftuh, B., Sapriya, S., & Budimansyah, D. (2014). Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Melalui Penciptaan Iklim Kelas Yang Kondusif Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 2. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2793

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya pesantren dan pendidikan karakter pada pondok pesantren salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287–310. https://doi.org/10.21580/ws.19.2.159

Zuliana, E. (2017). NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(1), 127. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i1.761




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats