JOYFUL LEARNING: STRATEGI ALTERNATIF MENUJU PEMBELAJARAN MENYENANGKAN

Sufiani Sufiani, Marzuki Marzuki

Abstract


Artikel ini merupakan hasil kajian kepustakaan yang bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran menyenanggkan dengan Joyful Learning. Banyak mata pelajaran di sekolah/madrasah berisi konsep-konsep teoritis dan untuk menguasainya membutuhkan memori otak untuk menghafalnya. Proses menghafal tersebut seringkali menimbulkan kesan bahwa mata pelajaran tersebut menjadi tidak menarik dan membosankan. Bagi peserta didik yang tidak suka menghafal, maka mata pelajaran yang demikian menjadi sulit untuk dikuasai sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan tidak tercapai yang berimplikasi pada ketidaktuntasan dalam hasil belajar. Melihat situasi yang demikian,maka guru yang profesional perlu menggunakan strategi yang tepat agar pembelajaran yang dilaksanakan berlangsung dengan aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.Salah satu strategi yang perlu diterapkan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran adalah joyful learning (pembelajaran menyenangkan). Menerapkan strategi pembelajaran joyful learnig pada prinsipnya sesuai dengan anjuran pemerintah bahwa guru yang profesional berkewajiban untuk menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis. Hal yang lebih penting lagi bahwa  proses pembelajaran pada jenjang dan jenis pendidikan harus diselenggarakan secara inspiratif, interaktif, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang gerak yang cukup untuk berprakarsa, mengembangkan kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, perkembangan fisik dan psikologis peserta didik.

Keywords


Joyful Learning; Strategi Pembelajaran; Pembelajaran Menyenangkan

Full Text:

PDF

References


Andreas Putra, A. T., Sufiani, & Jahada. (2020). Transformasi Nilai Pendidikan Islam Anak di PAUD Sultan Qaimuddin Kendari Pada Masa Pandemic Covid 19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 79–90. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.8

Anhusadar, L. O., & Wulandari, H. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Agama Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 58–68. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4622

Budiningsih, A. C. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Catur, C. (2017). joyful learning. Joiful Learning.Http://Chatarinacatur.Wordpress.Com /2008/10/15/ Joyful Learning.Tanggal 20 April 2021.

Departemen Agama RI. (2006). Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. DIRJEN PENDIS.

Ismail, S. M. (2008). Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Rasail Media Group.

Laksmi, M., & Dewi. (2009). Strategi Pembelajaran. Dirjen PAIS.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosda Karya.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Setiawan, I., & Wawan. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif danMenyenangkan. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik.

Sholikhah, A. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Joiful Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 17 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Uno, H. B. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Usman, M. Z. (2011). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosda Karya.

Utami, D. F. (2013). Belajar Mengajar yang Menyenangkan. Tiga Serangkai.

Wahono, S. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Indeks Permata Puri Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats