PERBEDAAN INDIVIDU: RAGAM GAYA BELAJAR DAN KIAT SUKSES DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Imelda Wahyuni

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan individu dan kiat sukses dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif ini merupakan studi kasus pembelajaran bahasa Arab pada Mata Kuliah Bahasa Arab 1 dan Bahasa Arab 2 di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi data, sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: pertama; perbedaan individu dalam pembelajaran bahasa Arab pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan terjadi pada gaya belajar mahasiswa, baik gaya belajar introvert maupun gaya belajar extrovert. Gaya belajar introvert dan extrovert terdeteksi melalui rangkaian aktivitas belajar mahasiswa baik pada jadwal perkuliahan maupun di luar jadwal perkuliahan.  Kedua, kiat sukses mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab ditunjukkan melalui beberapa cara alami, yaitu: memahami kekurangan pengetahuan dasar bahasa Arab, berinteraksi aktif dalam kegiatan belajar bahasa Arab secara maksimal, melaksanakan latihan komunikasi (lisan dan tulisan) secara bermakna dan memotivasi diri secara mandiri. Perbedaan individu melalui gaya belajar mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah memberi dampak positif pada konstruksi kiat sukses belajar Bahasa Arab bagi mahasiswa.

Keywords


Perbedaan Individu; Gaya Belajar; Kiat Sukses; Pembelajaran Bahasa Arab;

References


Amin Syamsuddin Makmun. (1999). Psikologi Kependidikan. Ramaja Rosda Karya.

Arsyad, A. (2009). Membangun Universitas Menuju Peradaban Islam Modern. Makassar: Alauddin Press.

Arsyad, A., & Majid, N. (2010). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya: beberapa pokok pikiran. Pustaka Pelajar.

Baron, Renee; Wagele, E. (2015). The Power of Ennegram,. Serambi.

Brick, J. (2006). Academic Culture: A Student’s Guide to Studying at University. Macquare University Press.

Bryman, A., & Burgess, B. (2002). Analyzing qualitative data. Routledge.

Cook, V. (2008). Second Language Learning and Language Teaching The Fourt Edition. In Hodder Education. Hodder Education.

Crozier, W. R. (2013). Individual learners: Personality differences in education. Routledge.

Crystal, D. (2010). A Little Book of Language. Yale University Press.

Ellis, R. (1989). Understanding second language acquisition (Vol. 31). Oxford university press Oxford.

Gardner, H. (1993). Multiple Intellegence: The Theory in Practice. In Basic Books.

Hizbullah, N., & Mardiah, Z. (2015). Masalah Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah di Jakarta. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(3), 189–198.

http://kbbi. web. id. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online.

Hurd, S. (2006). Individual learner differences and distance language learning: An overview. RTVU ELT Express, 12(4).

Ichsan. (2009). Pembelajaran Berbasis Individual. Jurnal Muqaddimah, 26(XV), 35.

Ihsan, M. (2017). Korelasi Sikap dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab. Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 1–24.

Kosim, N., Turmudi, I., Maryani, N., & Hadi, A. (2020). Pembelajaran bahasa Arab melalui daring: Problematika, solusi dan harapan. Work From Home.

Lightbown, P. (n.d.). M./Nina SPADA (2006) How Language are Learned. Oxford: Oxford University Press.

Perdana, D. H. (2017). Strategi Penerjemahan Bahasa Arab yang Berterima dan Mudah Dipahami. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 9(1), 143–160.

Rachman, B. M. (2017). Pendidikan Karakter: Pendidikan Menghidupkan Nilai untuk Pesantren, Madrasah dan Sekolah. Jakarta: The Asia Foundation.

Zafar, S., & Meenakshi, K. (2012). Individual learner differences and second language acquisition: a review. Journal of Language Teaching & Research, 3(4).

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259–265




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats