Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Matematika secara dalam Jaringan (Daring)

Ega Eristy Elvandrani, Herry Agus Susanto, Andhika Ayu Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap pembelajaran matematika secara daring kelas VII pada salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sukoharjo tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini, pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Data yang diperoleh dari angket persepsi orang tua menunjukkan bahwa persentase pada aspek 1 (perhatian) sebesar 81,875% sehingga termasuk pada kategori positif, pada aspek 2 (penerimaan) sebesar 72,768% sehingga pada kategori positif dan pada aspek 3 (penilaian) sebesar 60,517% dan termasuk pada kategori kurang positif. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orang tua terhadap pembelajaran matematika secara daring kelas VII pada salah satu SMP di Sukoharjo termasuk pada kategori positif meskipun ada beberapa kendala atau hambatan pada pelaksanaannya. Persepsi positif dan kendala yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran matematika secara daring dapat menjadi dukungan dan masukkan bagi guru agar dapat meminimalisasi atau mengatasi kendala pembelajaran matematika secara daring.

 

This study aims to describe parents' perceptions of online mathematics learning for class VII at one of the Junior High Schools (SMP) in Sukoharjo for the 2021/2022 academic year. This study used descriptive qualitative method. Data collection techniques used in the form of questionnaires and interviews. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. In this study, checking the validity of the data using the triangulation method. The data obtained from the parental perception questionnaire showed that the percentage in aspect 1 (attention) was 81.875% so that it was included in the positive category, in aspect 2 (acceptance) was 72.768% so that in the positive category and in aspect 3 (assessment) was 60.517% and included in the less positive category. The conclusion from the results of the study showed that the parents' perception of online mathematics learning in class VII at one of the junior high schools in Sukoharjo was included in the positive category although there were several obstacles or obstacles in its implementation. Positive perceptions and obstacles faced by parents in learning mathematics online can be a support and input for teachers in order to minimize or overcome obstacles in learning mathematics online.


Keywords


Mathematics Learning; Online Learning; Parents' Perception

Full Text:

PDF

References


Afifaturrohmaniyyah, N., & Malasari, P. N. (2021). Problematika Guru dalam Mengajar Materi Aljabar di Era Pandemik Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 43-52.

Aisyah, S., & Fitriani, I. I. (2019). Persepsi Orang Tua Terhadap Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Pintar Harati, 15(2), 73-80.

Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika Dan Analisis Butir. Jurnal Formatif, 2(2), 140 – 148. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.95

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.https://ejurnal.teknorat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/352/249

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Imu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Enriquez, M. A. S. (2014). Students’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress (pp. 1-6).

Fatmala, S., Bintoro, H. S., & Ardianti, S. D. (2021). Analisis Perhatian Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 01-10.

Farida, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) pada Mata Kuliah Matematika Diskrit di Program Studi Teknik Informatika STIMIK Duta Bangsa. Jurnal Sains Tech Politeknik Indonusa Surakarta, 1(5), 38-47. http://saintech.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/artice/view/71

Febrialismanto, F. (2017). Analisis Kompetensi Guru PG PAUD Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 121-136. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17700

Izah, S. J., & Malasari, P. N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 44-58.

Juriah, T. (2019). Persepsi Orang Tua Terhadap Mata Pelajaran Matematika di Dusun Patihe Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan). http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/1089

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49-56.

Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persespsi Orang Tua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(2), 85-98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46

Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Kontribusi Habits of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 153-164.

Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2020). Inquiry Co-Operation Model: An Effort to Enhance Students’ Mathematical Literacy Proficiency. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 4(1), 87-96.

Malasari, P. N., & Muna, S. G. (2021). Integrasi Budaya Islam pada DINAMITE: Media Sosialisasi Ramah Lingkungan dan Eskalasi Keterampilan Metematika. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 52-62.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset dalam Teknoogi Pembelajaran, 7(2), 124-132. https://doi:10.17977/um031v7i22020p124

Pratiwi, D. S., Widiastuti, A. A., & Rahardjo, M. M. (2018). Persepsi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Satya Widya, 34(1), 39-49. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p39-49

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rizka, O. Y. D. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi: Studi Kasus Desa Gedog Kota Blitar. Doctoral Dissertation Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/26770

Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid-19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosisal Budaya, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.31597/cc.v4i1.322

Sa’adah, N., Haqiqi, A. K., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika Gerakan Tari Kretek Kudus pada Pembelajaran Matematika. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 58-71.

Sakti, B. P. (2021). Persepsi Para Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring: Studi pada Sebuah Sekolah Dasar di Daerah Pinggiran Klaten. Prima Magistra: Junal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 58-65. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.864

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.

Suwarto, S., & Fajri, H. (2018). Persepsi Orang Tua Terhadap Proses Bimbingan Beajar Anak di Rumah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1), 41-46. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v3i1.2735

Tumanggor, T. N., Nasution, Z., & Harahap, M. S. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa SMP Tentang Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 269-303.

Wahidin, W. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 3(1). https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291

Winingsih, E. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Online. https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua-dalam-pembelajaran-jarak-jauh/

Wulandari, A. A., Astutiningtyas, E. L., & Hidajat, D. (2017). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Worksheet ELPSA dalam Pembelajaran Relasi Rekurensi. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 3(2), 138-144. https://doi.org/10.29100/jp2m.v3i2.1765

Zamista, A. A., Rahmi, H., Sellyana, A., & Desriyati, W. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaaringan Untuk Mata Kuliah Kalkulus Student Perception Of Calculus During Online Learning. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 41-48.

Zakiyah, M., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika: Identifikasi Batik Bakaran Berdasarkan Konsep Geometri Transformasi. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 287-294.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.11993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186