Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Permainan Engklek

Aeni Nur Taskiyah, Wahyuning Widyastuti

Abstract


Etnomatematika merupakan proses pembauran suatu budaya dengan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menggali etnomatematika dan memaparkan karakter cinta tanah air pada permainan tradisional engklek. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa objek dalam engklek yang mengandung unsur matematika, diantaranya alat yang digunakan untuk membuat arena permainan, seperti kapur atau kayu berhubungan dengan bangun ruang, arena permainan berhubungan dengan jaring-jaring kubus, refleksi, dan kekongruenan, gaco berhubungan dengan bangun datar, pemain atau urutan bermain berhubungan dengan probabilitas, dan aturan bermain engklek berhubungan dengan konsep logika matematika.  Setelah mengeksplorasi objek-objek dari engklek ini ternyata juga didapat karakter cinta tanah air di dalam permainan engklek seperti gotong royong, toleransi, dan adil. Sehingga penelitian ini sangat bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa.

 

Ethnomathematics is a process of assimilation of culture with mathematics. This study aims to explore ethnomathematics and describe the character of love for the country in the traditional engklek game. The research method used a descriptive qualitative with an ethnographic approach. The data collection techniques are interviews, observation, and documentation. The results showed that there are several objects in the engklek that contain mathematical elements, including tools used to create a game arena, such as chalk or wood related to building space, game arenas related to cube nets, reflection, and congruence, gaco relates to flat shapes, players or playing sequences relate to probability, and the rules of playing engklek relate to mathematical logic concepts. After exploring the objects of this engklek, it turns out that the character of love for the country is also found in the engklek game such as cooperation, tolerance, and fairness. This research is very useful for both teachers and students.


Keywords


Country Love Character; Engklek; Ethnomathematics; Mathematics Education

Full Text:

Pdf

References


Annisa, C., & Fauziah, A. (2020). Engklek Gen 4.0 (Studi Etnomatematika: Permainan Tradisional Engklek sebagai Media Pembelajaran Matematika). Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(1).

Anggraini, G., & Pujiastuti, H. (2020). Peranan Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika di Sekolah Dasar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 87-101.

Aprilia, E. D., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, T. B. (2019). Etnomatematika pada permainan tradisional Engklek beserta alatnya sebagai bahan ajar. Kadikma, 10(1), 85-94.

Arista, L. O., Handayanto, A., & Damayani, A. T. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered-Head Together Berbantu Media Permainan Tradisional Engklek Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III SDN Bendungan Semarang. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(3), 47-56.

Desmita, D. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.

Irawan, A. (2018). Penggunaan ethnomatematika engklek dalam pembelajaran matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 46-51.

Fatmawati, L., Pratiwi, R. D., & Erviana, V. Y. (2018). Pengembangan Modul Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Cinta Tanah Air dan Nasionalis pada Pembelajaran Tematik. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 80-92.

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada permainan tradisional engklek dan gasing khas kebudayaan sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1-6.

Iswinarti. (2017). Permainan Tradisional: Prosedur Dan Analisis Manfaat Psikologis. UMM Press (Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang).

Maulida, S. H. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 3, pp. 561-569).

Mulyasari, D. W., Abdussakir, A., & Rosikhoh, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 1-14.

Putra, R. W. Y., & Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9-14.

Rozana, S., & Bantali, A. (2020). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini: Melalui Permainan Tradisional Engklek. Edu Publisher.

Rusyad, D. (2020). Kompilasi Permainan Rakyat: Menggali Nilai-Nilai Budaya Pada Khazanah Folklor Indonesia. Abqarie Books.

Surmiyanti, C., Mutia, M., & Nurhaliza, S. (2021). Etnomatematika dalam Budaya Berdompu pada Permainan Tradisional Engklek di Kalimantan Barat. JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(1), 47-57.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186