Urgensi Pengembangan Booklet tentang Materi Bakteri untuk Siswa Kelas X SMA

Olda Apriyeni, Utari Akhir Gusti

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang dibutuhkan oleh setiap individu. Pendidikan berkaitan erat dengan proses belajar mengajar. Setiap pembelajaran selalu melibatkan dua pelaku aktif yaitu guru dan peserta didik. Guru dituntut kreatif dalam mengumpulkan dan membuat sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran.Bakteri merupakan materi yang sulit dipahami peserta didik karena materi terlalu banyak, materi rumit dan terdapat banyak istilah yang membingungkan. Oleh sebab itu, diperlukan sumber belajar yang dapat menunjang pembelajaran supaya menjadi lebih efektif dan efesien. Salah satu sumber belajar adalah booklet. Booklet adalah media pendidikan berbentuk buku kecil yang berisi tulisan, gambar atau keduanya.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan studi kepustakaan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dari angket observasi dan hasil ulangan harian peserta didik. Berdasarkan hasil angket observasi guru mata pelajaran biologi setuju dikembangkan booklet pada materi bakteri ini,  sebanyak 85,6% peserta didik membutuhkan sumber belajar lain dalam materi bakteri ini dan 83,8% peserta didik membutuhkan sumber belajar yang dapat dipahami secara mandiri.


Keywords


Booklet, Bakteri, Urgensi

Full Text:

PDF

References


Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Appypie Di Smk Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695.

Fauziyah, Z. Z. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas Xi Mia I Madrah Aliyah Alauddin Pao-Pao Dan Man 1 Makassar.Skripsi, 77.

Fitriasih, R., Kasrina, I., & Kasrina, K. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta Di Kawasan Suban Air Panas Untuk Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 100–108.

Pralisaputri, K. R, Soegiyanto, H. C. M. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X Sma. Jurnal GeoEco, 2(2), 147–154.

Imtihana, Mutia., F. Putut Martin, H.B, B. P. (2016). Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkingan Di Sma. Journal of Biology Education, 5(2), 198–206.

Nafsiyah, F. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Lepidoptera Subordo Rhopalocera Di Kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Ma Nu 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 22–29.

Puspita Avisha, Arif Didik Kurniawan, H. M. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem.Jurnal Bioeducation,4(1), 64–73.

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243.

Ridha, A., Hermawan, A. D (2016). Efektifitas Booklet Berbahasa Daerah Pada Perilaku Merokok Remaja: Studi Pilot Pada Sekolah Menengah Pertama Di Pontianak. Journal of Health Education, 25(1), 57–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v4i1.10164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpg