STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERAJINAN MANIK-MANIK DI KELURAHAN SIPIROK GODANG KECAMATAN SIPIROK KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Authors

  • Azmi Nurul Widya Fuji Astuti Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan
  • Nurul Izzah IAIN Padangsidimpuan
  • Muhammad Isa IAIN Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.53625/juremi.v1i4.725

Keywords:

Kerajinan Manik-Manik, Strategi Pemasaran, SWOT

Abstract

Kerajinan manik-manik menjadi salah satu produk unggulan dari Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Pemasaran pada produk kerajinan manik-manik masih disekitar Kecamatan Sipirok saja dengan sistem pemasaran yang masih sederhana dan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk kerajinan manik-manik di Kelurahan Sipirok Godang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subyek dari penelitian ini ialah bagian pembuatan dan pemasaran produk kerajinan manik-manik dengan pengambilan sampel sumber data dilakukan secara snowboal dan purposive. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data nya meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran pada produk kerajinan manik-manik dapat ditempuh dengan analisis matriks SWOT yang terdiri dari strategi S-O yaitu meningkatkan permintaan pasar, meningkatkan inovasi dan kreatifitas produk, menyesuaikan harga dengan produk yang diproduksi, meningkatkan kualitas produk dan membuat promosi yang menarik. Strategi W-O yaitu menambah jaringan pemasaran, mengoptimalkan bagian pemasaran, mencari bahan pengganti dan mengadakan pelatihan. Strategi S-T yaitu terus melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas produk, memperluas jaringan pemasaran, promosi dengan memanfaatkan internet. Strategi W-T yaitu cepat dan tanggap apabila terjadi kendala, terus meningkatkan hubungan internal dan eksternal usaha produk kerajinan manik-manik agar mengungguli persaingan dengan produk sejenis.  

References

Bayanuloh, I. (2019). Marketing Syariah. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Danang, S. (2015). Perilaku Konsumen Dan Pemasaran. Jakarta: Center of Academic Publishing Service.

Fajriyah, L. W. (2018). Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan tahu baxo Ibu Pudji Ungaran dalam perspektif ekonomi Islam (PhD Thesis). UIN Walisongo Semarang.

Fandy, T. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

J. Moleong, L. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Juliansyah, N. (2006). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Jawa Barat: CV. Media Sains Indonesia.

Parakkasi, I. (2020). Pemasaran Syariah Era Digital. Bogor: Lindan Bestari.

Philip Kotler, K. L. K. (2006). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: PT. Indeks.

Republik Indonesia, D. A. (2007). Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.

Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Jawa Timur: Cv Pustaka Abadi.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif Kuantitatif R Dan D. Bandung: Alfabeta.

Warnadi, A. T. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Yusuf Saleh, M. dan M. S. (2019). Konsep Dan Strategi Pemasaran. Makassar: Cv Sah Media.

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Azmi Nurul Widya Fuji Astuti, Nurul Izzah, & Muhammad Isa. (2022). STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERAJINAN MANIK-MANIK DI KELURAHAN SIPIROK GODANG KECAMATAN SIPIROK KABUPATEN TAPANULI SELATAN . Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(4), 295–304. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i4.725

Issue

Section

Articles