Revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan perguruan tinggi (pendekatan pengembangan perpustakaan di masa islam klasik)

Authors

  • Hamidi Ilhami UIN Antasari Banjarmasin
  • Moch Isra Hajiri UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v9i1.5164

Keywords:

perpustakaan islam, peran, sejarah islam klasik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perpustakaan yang paling menonjol pada masa Islam klasik berdasarkan sejarah Islam. Islam pada zaman keemasannya pernah menjadi peradaban yang paling maju di dunia. Penelitian berjenis kualitatif deskriptif di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang dipakai menggunakan prinsip perpustakaan (Library low) berdasarkan Ranganathan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles & Huberman, yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Naskah revitalisasi perpustakaan yang paling menonjol pada masa Islam klasik yaitu Perpustakaan Bayt al-Hikmah di Bagdad, Perpustakaan Universitas Cordoba, dan Perpustakaan Dar al-Hikmah di Kairo. Ketiga universitas tersebut mendapat dukungan yang sangat besar dari pemerintahnya dalam menjalankan peran dan fungsinya mengembangkan ilmu pengetahuan di masa itu. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan perpustakaan Islam memiliki peran dan fungsi yang dapat diadaptasi di perguruan tinggi meliputi pusat pengkajian dan penelitian, pusat pertemuan ilmiah dan pusat penerjamahan buku asing.  

Author Biographies

Hamidi Ilhami, UIN Antasari Banjarmasin

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Moch Isra Hajiri, UIN Antasari Banjarmasin

Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Antasari Banjarmasin

References

Husna, J. (n.d.). SEJARAH PERPUSTAKAAN ISLAM; PENGADAAN DAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN DINASTI ABASIYYAH. 6. Retrieved October 5, 2021, from https://www.academia.edu/4768317/SEJARAH_PERPUSTAKAAN_ISLAM_PENGADAAN_DAN_PENGOLAHAN_BAHAN_PUSTAKA_PADA_PERPUSTAKAAN_DINASTI_ABASIYYAH

Muhtifah, L. (2008). Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Konsep Dasar Pendidikan Multikultural Di Institusi Pendidikan Islam Zaman Al-

Ma’mun (813-833 M), Jakarta: Kencana.

Nakosteen, M. K., Kahhar, J. S., & Abdullah, S. (1995). Kontribusi Islam atas Dunia Intelektual Barat: Deskripsi Analisis Abad Keemasan Islam. Risalah Gusti.

Pedersen, J., Andurahman, A., & Liputo, Y. (1996). Fajar intelektualisme Islam: Buku dan sejarah penyebaran informasi di dunia Arab. Mizan.

Rahardjo, M. (2010). Jenis dan metode penelitian kualitatif. Tersedia Secara Online Di: Http://Mudjiarahardjo. Com/Materi-Kuliah/215-Jenis-Dan-Metode-Penelitian-Kualitatif. Html [Diakses Di Jakarta, Indonesia: 15 Juni 2015].

Rifa’i, R. (2015). Perpustakaan dalam Tradisi Masyarakat Muslim pada Abad Keemasan Islam. Membangun Masyarakat Kalsel Sebagai Masyarakat Pembaca/Reading Society. Seminar Minat Baca dan Bedah Buku, Banjarmasin.

Syalabi, A. (2008). Sejarah Kebudayaan Islam 3. Pustaka Al Husna.

Yatim, B. (2008). Sejarah Peradaban Islam. Raja Grafindo Perkasa.

Downloads

Published

2021-05-28

How to Cite

Ilhami, H., & Hajiri, M. I. (2021). Revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan perguruan tinggi (pendekatan pengembangan perpustakaan di masa islam klasik). Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 37–44. https://doi.org/10.18592/pk.v9i1.5164

Issue

Section

Articles