Model perilaku pencarian informasi (analisis teori perilaku pencarian informasi menurut David Ellis)

Authors

  • Rendi Purnama Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v9i1.5158

Keywords:

david ellis, perilaku, pencarian informasi

Abstract

Perilaku Perilaku informasi merupakan pola tingkah laku manusia dalam hal yang bersifat informasi, baik dalam keterlibatan menggunakan maupun dalam pencarian informasi. Perilaku yang dimaksud di sini adalah bagaimana seseorang mendapatkan informasi melalui tingkah lakunya. Metode penelitian menggunakan studi literatur menurut David Ellis. Pengumpulan data dilakukan melalui 3 proses yaitu editing, organizing dan finding. Perilaku pencarian informasi menurut David Ellis ada delapan di antaranya beberapa karakteristik di antaranya adalah starting sebagai tahapan awal dalam pencarian informasi, chaining yang merupakan tahapan untuk menelusuri literatur malalui kutipan dari buku ataupun jurnal, browsing yang merupakan tahap penelusuran, differentiating yang merupakan tahap penyaringan dari sumber-sumber yang didapat,  monitoring sebagai sarana pemantauan perkembangan, extracting sebagai sarana dalam melanjutkan pencarian, verifying yang merupakan tahap pengecekan informasi yang sudah didapat, dan terakhir adalah ending sebagai penutup dari penelusuran dan pencarian informasi.

Author Biography

Rendi Purnama, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

References

Case, D. O., & Given, L. M. (2016). Looking for information: A survey of research on information seeking, needs, and behavior.

Dewi, A. N., & Istiqomah, Z. (2019). Perilaku Informasi Remaja dalam Memanfaatkan Facebook. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 15–31.

Ellis, D., Cox, D., & Hall, K. (1993). A comparison of the information seeking patterns of researchers in the physical and social sciences. Journal of documentation.

Farida, I., & Purnomo, P. (2005). Information literacy skilss: Dasar pembelajaran seumur hidup.

Faturrahman, M. (2016). Model-model perilaku pencarian informasi. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 1(1), 74–91.

Lasa, H. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia. Pustaka Book Publisher.

NISA EMIRINA ROYAN, 071016013. (2014). POLA PERILAKU PENEMUAN INFORMASI (INFORMATION SEEKING BEHAVIOR) DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penemuan Informasi di Kalangan Mahasiswa FIP Jurusan KSDP Program Studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang dalam Penulisa [Skripsi, UNIVERSITAS AIRLANGGA]. http://lib.unair.ac.id

Ramdhani, B. A., Prijana, P., & Rodiah, S. (2017). Hubungan Perilaku Pencarian Informasi dengan Penggunaan Line Dakwah Islam. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(2), 227–242.

Reitz, J. M. (2014). Online dictionary for library and information science. Diakses melalui http://www. abc-clio. com/ODLIS/odlis_e. aspx.

Riani, N. (2017). Model Perilaku Pencarian Informasi Guna Memenuhi Kebutuhan Informasi (Studi Literatur). Publication Library and Information Science, 1(2), 14–20.

Subekti, P. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi (Information Retrival). Jakarta: Kencana.

Taufiq, R. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widodo, S. (2016). UU Keterbukaan Informasi Publik antara Harapan dan Kenyataan. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 131–140.

Yakub, J. B. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Graha Ilmu.

Yusuf, P. M. (2019). Ilmu informasi, komunikasi dan kepustakaan.

Downloads

Published

2021-02-21

How to Cite

Purnama, R. (2021). Model perilaku pencarian informasi (analisis teori perilaku pencarian informasi menurut David Ellis). Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 9–21. https://doi.org/10.18592/pk.v9i1.5158

Issue

Section

Articles