Perpustakaan digital berdasarkan perspektif Lucy A. Tedd dan Andrew Large (studi kasus di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta)

Authors

  • Hayatuddiniyah Hayatuddiniyah Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v9i1.5141

Keywords:

lucy a. tedd dan andrew large, perpustakaan digital, perpustakaan fakultas teknik ugm yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perpustakaan digital berdasarkan perspektif Lucy A. Tedd dan Andrew Large di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang dipakai adalah perspektif Lucy A. Tedd dan Andrew Large. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles & Huberman, yakni  reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pertama, pada Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta terpenuhi proses pencarian informasi pemustaka, kedua terpenuhinya koleksi Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta yang terdiri dari data dan metadata yang saling berhubungan baik dari sisi internal maupun eksternal, ketiga terpenuhinya integrasi atau hubungan Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta dengan institusi atau organisasi yang lain. Akhir penelitian disarankan untuk dapat melakukan jejaring kerja sama untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Selain itu juga dapat meningkatkan kualitas pemberian layanan perpustakaan kepada pemustaka. Hasil dari penelitian ini adalah Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta merupakan perpustakaan digital, ini dibuktikan dengan terpenuhinya tiga karakteristik perpustakaan digital berdasarkan perspektif Lucy A. Tedd dan Andrew Large.

Author Biography

Hayatuddiniyah Hayatuddiniyah, Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Basuki, S. (1991). Pengantar ilmu perpustakaan. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=3GeZAAAACAAJ

Digital Library Federation . 2004 . “A Working Definition of Digital Library [1998]”, dalam

https://old.diglib.org/about/dldefinition.htm,

Kadir, A., & Triwahyuni, T. C. (2013). Pengantar teknologi informasi edisi revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Makdis, N. (2018). PARADIGMA PERPUSTAKAAN ERA KLASIK DAN MODERN (DIGITAL). Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 89–93.

Pendit, P. L. (2007). Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Sagung Seto.

Qalyubi, S. (2007). Dasar-dasar ilmu perpustakaan dan informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI), Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.

Rahardjo, M. (2010). Jenis dan metode penelitian kualitatif. Tersedia secara online di: http://mudjiarahardjo. com/materi-kuliah/215-jenis-dan-metode-penelitian-kualitatif. html [diakses di Jakarta, Indonesia: 15 Juni 2015].

Sungadi, S. (2017). Perubahan Paradigma Perpustakaan. Buletin Perpustakaan, 57, 11–26.

Tedd, L. A., & Large, A. (2006). Digital Libraries: Principles and Practice in a Global Environment. Webology, 3(1), 1–2.

Yuadi, I. (2007). Perpustakaan digital: Paradigma, konsep dan teknologi informasi yang digunakan. Jurnal Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustkaan FISIP UnairSurabaya, 28–35.

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Hayatuddiniyah, H. (2021). Perpustakaan digital berdasarkan perspektif Lucy A. Tedd dan Andrew Large (studi kasus di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta). Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.18592/pk.v9i1.5141

Issue

Section

Articles