Peran pustakawan dalam menyiapkan generasi emas: implementasi literasi informasi di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Authors

  • Anna Nurhayati Pustakawan SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v8i2.5130

Keywords:

Big6, generasi emas, literasi informasi, perpustakaan riset, perpustakaan sekolah

Abstract

Generasi emas merupakan generasi yang mampu bersaing secara global dengan bermodalkan kecerdasan yang komprehensif antara lain produktif, inovatif, damai dalam interaksi sosialnya, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alamnya, dan berperadaban unggul. Penelitian berjenis kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam dan observasi secara langsung. Data diuji keabsahannya melalui triangulasi data. Data dibahas dengan teori literasi informasi model big6. Analisis data menggunakan metode library research atau studi pustaka. Literasi Informasi merupakan kemampuan untuk menyadari kebutuhan informasi dan kapan informasi tersebut dibutuhkan, mengidentifikasi dan menemukan lokasi informasi, mengevaluasi informasi secara kritis. Literasi informasi merupakan salah satu cara membentuk generasi emas di lingkungan sekolah. Model literasi big6 memiliki 6 buah langkah efektif yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah yaitu; definisi tugas; strategi mencari informasi; lokasi dan akses; menggunakan informasi; sintesis; dan evaluasi. Pelaksanakaan model ini diperlukan perencanaan metode dan kompetensi instruktur. Implementasi literasi informasi di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta dalam bentuk library research yang menghasilkan karya siswa berupa buku mini.

Author Biography

Anna Nurhayati, Pustakawan SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Pustakawan Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

References

Bachtar, Mulni Adelina.(2009).”Literasi Informasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Pendidikan Nonformal (PNF) Di Provinsi Dki Jakarta”. BACA, Vol.30, 121-122

Big6 Skills Overview,Diambil tanggal 23 Maret 2015 dari: http://big6.com/pages/about/big6-skills-overview.php

Dwiyanto, Arif Rifai (2007). “Peran Perpustakaan Nasional RI dalam Pengembangan Literasi Informasi Sebagai Amanat Konstitusi”. Visi Pustaka, Vol.9

Horton, F. W. (2007). Understanding information literacy: A Primer. UNESCO. http://unesdoc.unesco.org/images/0015/001570/157020e.pd

Iannuzzi, P. (2000). Information Literacy Competency Standards for Higher Education. Community & Junior College Libraries, 9(4), 66 cccccccccccccc=vf7. https://doi.org/10.1300/J107v09n04_09

Kompas. (2013) Pendidikan Berkualitas untuk Generasi Emas http://edukasi.kompas.com/read/2013/10/18/1053115/Pendidikan.Berkualitas.untuk.Generasi.Emas

Krisnadi, I. (2014). Indahnya Negeriku. KEMENDIKBUD. https://pmpk.kemdikbud.go.id/bukudigital/read/pdf/indahnya-negeriku-5fc143ae685b6

Laugu, N. (2015). Representasi Kuasa Dalam Pengelolaan Perpustakaan. Gapernus Press.

Meleong, L. J. (1989). Metologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Naibaho, K. (2007). Menciptakan Generasi Literat Melalui Perpustakaan. Visi Pustaka, 9(No. 3), 1–8. http://eprints.rclis.org/12549/

Oberg, D. (2001). Editorial: Perspectives on information literacy - ProQuest. School Libraries Worldwide, 7(1). https://www.proquest.com/openview/eb96e8eb127437efe1d22a8838d471aa/1?pq-origsite=gscholar&cbl=45830

Pendit, P. L. (2007). Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Sagung Seto.

Perpustakaan Nasional (Indonesia), & Indonesia (Eds.). (2011). Standar nasional perpustakaan (SNP). Perpustakaan Nasional RI.

Parr.K.(2012).“The Impact of school libraries on student achievementand success”. Missisipi Libraries,Vol.75, 18-22

Riyono, Ahdi.” Generasi Emas dan Daya Saing Bangsa”. Diambil tanggal 3 Juni

pukul 14.00 dari: http://infomuria.umk.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1049:generasi-emas-dan-daya-saing-bangsa&catid

Standards For The 21st Century Leaerners AASL 2007—Google Search. (n.d.). Retrieved September 24, 2021

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Nurhayati, A. (2020). Peran pustakawan dalam menyiapkan generasi emas: implementasi literasi informasi di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(2), 53–62. https://doi.org/10.18592/pk.v8i2.5130

Issue

Section

Articles