Membangun koleksi taman bacaan masyarakat yang berbasis inklusi sosial (building public park reading collection based on social inquiry)

Authors

  • Yunus Winoto Universitas Padjadjaran
  • Sukaesih Sukaesih Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v7i15.3709

Keywords:

inklusi sosial, koleksi, pengembangan koleksi, taman bacaan masyarakat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai kegiatan pengembangan koleksi yang meliputi tahapan analisis kebutuhan pengguna, kebijakan seleksi, seleksi bahan pustaka, pengadaan bahan pustaka, penyiangan bahan pustaka serta evaluasi pengembangan koleksi. Lokasi penelitian ini dilakukan pada delapan (8) taman bacaan masyarakat di Kabupaten Bandung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan dilakukan dilakukan melalui observasi, wawancara serta melalui studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tahapan pengembangan koleksi yang dilakukan para pengelola di taman bacaan masyarakat (TBM) Kabupaten Bandung Barat hanya pada tahapan analisis kebutuhan pengguna, seleksi dan pengadaan bahan pustaka. Sedangkan untuk tahapan kebijakan koleksi belum dilakukan secara tertulis karena sumber pendataan juga dari pengelola dan jumlahnya juga terbatas, untuk kegiatan penyiangan selama ini belum dilakukan karena jumlah koleksi serta untuk kegiatan evaluasi hanya dilakukan dengan mengajukan pertanyaan mengenai ketersediaan koleksi yang dibutuhkan para pengguna. Namun demikian dalam melakukan pengembangan koleksi pengelola TBM memberikan ruang dan akses yang terbuka bagi pengguna dalam memberikan masukan dalam penyediaan koleksi yang dibutuhkan.

Author Biographies

Yunus Winoto, Universitas Padjadjaran

Dosen Universitas Padjadjaran

Sukaesih Sukaesih, Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran

References

A.M, S. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Balebandung.com. (2016). PerpuSeru Sumbang 93 Komputer ke KBB. Balebandung.Com. Retrieved from http://www.balebandung.com/perpuseru-sumbang-93-komputer-kbb/

Creswell. (1998). Qualitative Inquiry: Choosing Among Five Traditions. USA: Publications.

Daft, R. L. (2003). Manajemen (5th ed.). Jakarta: Erlangga.

Devega, E. (2017). Teknologi masyarakat indonesia: Malas baca tapi cerewet di medsos. Retrieved December 5, 2019, from https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Fauziah, R. (2019). Perpustakaan berbasis inklusi sosial tingkatkan kesejahteraan masyarakat. Retrieved November 27, 2019, from https://www.google.com/amp/s/news.okezone.com/amp/2019/01/03/65/1999638/perpustakaan-berbasis-inklusi-sosial-tingkatkan-kesejahteraan-masyarakat.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasono. (2008). Pengelolaan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu. Sosial. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

Kemedikbud. (2006). Pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat.

Kemedikbud. (2018). Petunjuk Teknis Apresiasi Tbm Kreatif-Rekreatif. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan.

Kuswarno, E. (2009). Metodelogi Penelitian Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitian. Bandung: Widia Padjajaran.

Mallawa, S. (2019). Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Retrieved November 26, 2019, from https:// www.kompasiana.com/amp/ mallawa/5c710979aeebe13c2f5af5c9/tranformasi-perpustakaan-berbasis-inklusi-sosial

Miles, B. M., & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noor, A. (2009). Management Event. Bandung: Alfabeta.

Prayitno, E. (1989). Motivasi Dalam Belajar dan Berprestasi. jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Purwanto, N. (1998). Menuju Keperawatan Profesional. Semarang: Akper Depkes.

Retrieved December 4, 2019, from https:// www.perpusnas.go.id /news-detail.php?lang=id&id=190328065053lwHcN3x98C

Salim, P., & Salim, Y. (2002). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.

Sari, C. W. (2019a). Dari Taman Baca Masyarakat ke Mandiri Ekonomi. Pikiran Rakyat, p. 10. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2019/03/11/dari-taman-baca-masyarakat-ke-mandiri-ekonomi

Sari, C. W. (2019b). Masyarakat Desa di Kabupaten Bandung Barat Tingkatkan Keterampilan Hidup melalui Taman Baca Masyarakat. Pikiran Rakyat, p. 1. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2019/04/25/masyarakat-desa-di-kabupaten-bandung-barat-tingkatkan-keterampilan-hidup-melalui-taman-baca-masyarakat

Sugiyono. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Gramedia.

Sutarno, N. S. (2008). Kamus Perpustakaan dan Informasi. Jakarta: Jala.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya (1st ed.; Junwinanto, ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Winoto, Yunus, et. al (2019). dasar-dasar Pengembangan Koleksi, Kebumen : Intishar Publishing.

Downloads

Published

2020-06-24

How to Cite

Winoto, Y., & Sukaesih, S. (2020). Membangun koleksi taman bacaan masyarakat yang berbasis inklusi sosial (building public park reading collection based on social inquiry). Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.18592/pk.v7i15.3709

Issue

Section

Articles