STRATEGI PEMASARAN PERBANKAN SYARIAH DI TENGAH PESATNYA PERTUMBUHAN INDUSTRI PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

  • Imam Mahfud STAI Binamadani
Keywords: Perbankan Syariah, Strategi Pemasaran, Eksplorasi Nilai, Kreasi Nilai

Abstract

Tulisan ini membahas tentang strategi pemasaran Perbankan Syariah. Industri Perbankan Syariah merupakan sebuah industri di sektor keuangan, yang memiliki hubungan yang sangat erat guna mendorong pertumbuhan ekonomi sebuah Negara, maka keberdaannya sangat penting, pemerintah harus mampu mebuat regulasi yang menjadi rangsangan buat industri Perbankan Syariah tumbuh dan berkembang semakin baik, dan mampu bekerja lebih professional dalam rangka memenangkan persaingan dan merebut nasabah dengan jumlah yang besar. Dalam jurnal ini menggunakan pendekatan study literature yang berangkat dari fenomena yang terjadi dalam dunia perbankan syariah saat ini di Indonesia, dalam study literature ini di kemukakan beberapa konsep konsep strategi marketing bagi dunia perbankan syariah yang dapat di jadikan wacana bagi praktisi perbankan dalam menjalankan operasionalnya, guna mendapatkan loyalitas nasabah yang pada akhirnya akan menjadikan perusahaan mampu bersaing dan meningkatkan nilainya. Saat ini nasabah perbankan sudah banyak memiliki karakteristik dalam menggunakan produknya yaitu yang dapat meningkatkan efektitas dan efisiensi, jika perbankan syariah mampu menciptakan produk tersebut. Sebuah perbankan syariah akan diminati oleh calon nasabahnya serta Bank Syariah harus berani menggunakan teknologi yang dapat menunjang produk-produknya, sehingga nasabah dapat lebih efisien dan efektif. Keunggulan kompetitif merupakan hal yang perlu diperjuangkan oleh lembaga Perbankan Syariah agar market share yang di raih semakin tinggi, sehingga profitabilitas dan nilai tercapai.

Published
2020-02-10