PERAN ZAKAT DALAM PEMULIHAN EKONOMI SAAT PANDEMI COVID-19

  • Harisah Hoironi STAI Binamadani
Keywords: Covid-19, Ekonomi, Zakat

Abstract

keberadaan corona virus 2019 (covid-19) memberikan dampak negative yang sangat besar di seluruh lapisan dunia terutama bagi Negara-negara yang terserang virus, dampak ini juga sangat dirasakan dalam aspek perekonomian. Dampak dalam perekonomian menjadi fokus paling utama, karena memang berjalannya kehidupan terfokus pada ekonomi. Dari hal ini, peneliti melakukan kajian artikel ini dengan penelitian kualitatif dengan kajian kepustakaan. Kajian ini, menemukan bahwa zakat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi beban ekonomi bagi masyarakat yang terdampak covid maupun masyarakat yang terdampak ekonomi disebabkan covid di daerahnya. Zakat memiliki peran penting dan menjadi instrument Islam dalam mengembangkan ekonomi yang bersifat wajib bagi masyarakat yang mampu mengeluarkannya. Kewajiban ini ditetapkan dalam Islam sebagai salah satu rukun Islam dengan manfaat keseluruh lapisan masyarakat Muslim.

Published
2021-02-11
How to Cite
Hoironi, H. (2021). PERAN ZAKAT DALAM PEMULIHAN EKONOMI SAAT PANDEMI COVID-19. Syar’ie : Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 4(1), 54 - 66. https://doi.org/10.51476/syar’ie.v4i1.242
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.