SEKOLAH IBU: KONSEP DAN IMPLEMENTASI (STUDI KASUS POLA ASUH ISLAMI DALAM KELUARGA DI KOTA BOGOR)

  • Arrum Arrinda
Keywords: Sekolah ibu, Pola asuh islami, Keluarga

Abstract

Sekolah Ibu bertujuan untuk menciptakan ketahanan keluarga, berorentasi bahwa ibu merupakan saka guru bangsa, pemegang peran penting dalam keluarga sebagai pendamping dan partner suami, berkolaborasi dan bersinergi secara positif untuk mewujudkan visi dan tujuan rumah tangga. Penelitian ini dilatrbelakangi dengan tingginya angka khulu’ (cerai gugat) di Kota Bogor dan persoalan sosial dalam pola asuh keluarga. Penelitian ini merupaka penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dilaksankan pada tanggal 24 Februari 2019 s.d. 15 Desember 2020, dengan data primer bersumber dari tim Penggerak PKK Kota Bogor sebagai pelaksanan Sekolah Ibu Kota Bogor, literatur, buku dokumentasi sebagai sumber skunder. Adapun metode pengumpulan data melalui triangulasi data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa Sekolah Ibu Kota Bogor memberikan pembinaan berupa layanan pendidikan non formal lintas usia, pendidikan berorentasi pada modul Sekolah Ibu dengan materi urgensi ketahanan keluarga, konsep dasar pekawinan dan keluarga, kesehatan keluarga, menejemen stres dan konflik, nilai dan pola asuh anak serta cinta tanah air. Selanjutnya pengimplemtasian materi dalam pola asuh Islami meliputi muhafazah, tanmiyah, taujih dan tadaruj.

 

Published
2021-08-23
How to Cite
Arrinda, A. (2021). SEKOLAH IBU: KONSEP DAN IMPLEMENTASI (STUDI KASUS POLA ASUH ISLAMI DALAM KELUARGA DI KOTA BOGOR). Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 134 - 153. https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i2.281