Penggunaan Website dan Internet dalam Pembelajaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun pemahaman serta menyelesaikan latihan pembelajaran terhadap pendidik dan untuk mendapatkan data tentang pemanfaatan website dan internet sebagai pengembangan pembelajaran di sekolah. Sasaran mendasar dari penelitian tersebut adalah untuk memutuskan pemanfaatan model pembelajaran yang menggunakan model berbasis website dan internet. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi literatur atau penelitian perpustakaan, membaca dan memeriksa beberapa artikel nasional untuk menjawab tujuan penelitian tersebut. Hasil penelitian menemukan pengertian, pemanfaatan, kekurangan website dan internet dalam pembelajaran. Hal ini sangat mempengaruhi pengajar dalam menyampaikan materi ajar terhadap pendidik yang telah diputuskan, serta dapat diterima sesuai dengan sarana dalam model pembelajaran. Sehingga dapat memberikan waktu kepada pendidik untuk berpikir dalam sistem pembelajaran. Demikian pula dengan latihan pembelajaran, pendidik memiliki pilihan untuk mengikuti sistem pembelajaran dengan baik dan penuh semangat menggunakan website dan internet sebagai bahan untuk mengungkap data. Hal ini terlihat dari korelasi jika mereka tidak menggunakan website dan internet dalam menggali data, maka mereka pada umumnya akan mengalami keterlambatan dalam memahami pembelajaran.
References
Affiifi. 2014. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2–8.
Alaswati, Sri, Setya Rahayu, and Eunike Raffy Rustiana. 2016. “Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pjok.” Journal of Physical Education and Sports 5 (2): 1–119.
Aminah. 2016. “Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 23 (2): 1.
Ani. 2014. “Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 6 (1): 1–42. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793.
AY, Niken, Aprizal, and Hervanus Muharam Fajri Riki Aprian. 2013. “Analisis Pemanfaatan Situs Web Universitas Islam Negeri (Uin) Syarif Hidayatullah Menggunakan Metode Pieces.” In , 1–53.
Ayu, Mutiara, Fatimah Mulya Sari, and Muhaqiqin Muhaqiqin. 2021. “Pelatihan Guru Dalam Penggunaan Website Grammar Sebagai Media Pembelajaran Selama Pandemi.” Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (1): 49–55.
Budiningsih, C. Asri. 2015. “Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan Dalam Penelitian Dan Metode Pembelajaran.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 1 (1): 160–73. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4198.
Budiningsih, C. Asri. 2015. “Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan Dalam Penelitian Dan Metode Pembelajaran.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 1 (1): 160–73. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4198.
Cepi Riyana. 2008. “Komputer Dan Media Pendidikan Di Sekolah Dasar.” Wacana Prima, 5–35.
Darmalaksana, Wahyudin. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Eunike Raffy Rustiana. 2016. “Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pjok.” Journal of Physical Education and Sports 5 (2): 1–119.
Hartawan, I Nyoman Buda, and I Wayan Sudiarsa. 2019. “Analisis Kinerja Internet of Things Berbasis Firebase Real-Time Database.” Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer) 2 (1): 6–17. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v2i1.371.
Haryanto, D. 2007. “inovasi pembelajaran Editor : Dini Putri Haryanto.” Perspektif Ilmu Pendidikan 16: 2–18.
Iik Novianto. 2003. “Perilaku Penggunaan Internet Di Kalangan Mahasiswa.” Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penggunaan Internet Dikalangan Mahasiswa Perguruan 148: 1–40.
Kaliky, Pahrul Idham. 2013. “Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi KAREBA 2 (1): 110–20.
Kilian Ernesto Sanchez. 2013. “Peranan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Applied Microbiology and Biotechnology 85 (1): 2071–79.
Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, Affiifi. 2014. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2–8.
Muhaqiqin. 2021. “Pelatihan Guru Dalam Penggunaan Website Grammar Sebagai Media Pembelajaran Selama Pandemi.” Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (1): 49–55.
Murcia, Juan Cralos, and Kilian Ernesto Sanchez. 2013. “Peranan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Applied Microbiology and Biotechnology 85 (1): 2071–79.
Pahrul Idham. 2013. “Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi KAREBA 2 (1): 110–20.
Rahman, Syaiful, Wahid Munawar, and Ega T. Berman. 2016. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di Smk.” Journal of Mechanical Engineering Education 1 (1): 137. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3746.
Rehalat, Aminah. 2016. “Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 23 (2): 1.
Riki Aprian. 2013. “Analisis Pemanfaatan Situs Web Universitas Islam Negeri (Uin) Syarif Hidayatullah Menggunakan Metode Pieces.” In , 1–53.
Safaruddin, S., Degeng, I., Setyosari, P., & Murtadho, N. (2020). The Effect of PjBL with WBL Media and Cognitive Style on Students’ Understanding and Science-Integrated Concept Application. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 384-395. doi: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24628
Sulastri, Tuti. 2017. “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen.” Optimal: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Islam “45” Bekasi 10 (2): 167–84.
Susilana, Rudi &, and Cepi Riyana. 2008. “Komputer Dan Media Pendidikan Di Sekolah Dasar.” Wacana Prima, 5–35.
T. Berman. 2016. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di Smk.” Journal of Mechanical Engineering Education 1 (1): 137. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3746.
Tuti. 2017. “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen.” Optimal: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Islam “45” Bekasi 10 (2): 167–84.
Wahyudin. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Wayan Sudiarsa. 2019. “Analisis Kinerja Internet of Things Berbasis Firebase Real-Time Database.” Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer) 2 (1): 6–17. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v2i1.371.
Widayati, Ani. 2014. “Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 6 (1): 1–42. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793.
Copyright (c) 2021 Journal of Instructional and Development Researches
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.