Peningkatan Kualitas Pembelajaran TPA Al-Hikmah melalui Pelatihan Penggunaan Perangkat Audio Visual

Keywords: Kualitas Pembelajaran, Taman Pendidikan Al-Qur’an, Pelatiahn, Perangkat Audio Visual

Abstract

Taman Pendidikan Al-Qur’an adalah lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan dan pengajaran secara klasikal yang bertujuan untuk memberi tambahan pengetahuan agama Islam kepada pelajar-pelajar yang merasa kurang menerima pelajaran agama Islam di sekolah. Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Hikmah di kelurahan Buring, kecamatan Kedungkandang, kota Malang yang sudah lama berdiri sejak tahun 2014, tetapi sarana dan prasarana terkait proses pembelajaran yang dimilikinya sangat terbatas sehingga Pengajar di dalam memberikan materi belajar siswa masih menggunakan metode tradisional menggunakan papan tulis. Penggunaan sarana multimedia dapat menjadi pendukung untuk menerapkan sistem pembelajaran baru tanpa harus meninggalkan sistem tradisional. Adanya pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengajar untuk menggunakan perangkat audio visual sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran menjadi lebih modern dan mengikuti perkembangan teknologi tanpa meninggalkan esensi pembelajaran. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan perangkat audio visual di dalam pembelajaran TPA Al-Hikmah meningkatkan ketertarikan santri dan mempermudah proses belajar mengajar.

Abstract View: 191 PDF Download: 176 Similarity Check Download: 24
Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adhy Sugara, E., Barovih, G., & Nurussama, N. (2020). The Impact of Daily Prayers Multimedia Application towards Student’s Learning Interest. Proceedings of the Proceedings of the 5th International Conference on Education in Muslim Society, ICEMS 2019,30 September - 01 October 2019, Jakarta, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.30-9-2019.2291168

Al-achmad, M. I., Wahidin, U., & Priyatna, M. (2019). Upaya Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Rukun Warga (Rw) 8 Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor Tahun 2019. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 65–78.

Aminudin, A., Sari, Z., & Basuki, S. (2019). Aplikasi Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Metode Tilawati Berbasis Web Responsive. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.30595/jrst.v3i1.3964

Aminudin, Basuki, S., & Yusuf, M. (2019). Penerapan Perangkat Lunak Multimedia Interaktif Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati Cabang Malang. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 173–178.

Fathoni, K., Utomo, A. B., Hangga, A., & Pamungkas, O. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Android di TPQ Al-Falah Semarang. Edu Komputika Journal, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.15294/EDUKOMPUTIKA.V5I2.27165

Hariani, L. S., & Andayani, E. (2020). Diklat Keterampilan Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Taman Pendidikan Qur’an. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 5(2), 522–529. https://doi.org/10.21067/jpm.v5i2.4398

Hidayat, A. R., Hamdi, A. I., Damayati, I. A., Diva, N. A., & Arifah, M. N. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi sebagai Pengembangan Kegiatan TPA di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Mahasiswa FIAI-UII, at-Thullab, 3(1), 663–672.

Indra, H. (2020). Taman Pendidikan Al-Qur’an Berbasis Pendidikan Manusia. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 150–164. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.134

Putra, H. W. S., Pranoto, R., Sari, A. N., Suryan, V., & Herlinawati, H. (2021). Pengembangan Prasarana Masjid Untuk Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Di Masjid Jamiatul Ihsan Sukabangun. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 1(2), 131–149. https://doi.org/10.52989/darmabakti.v1i2.26

Putra, L. D., & Suyitno, S. (2018). Multimedia Pembelajaran TPA Berbasis Komputer Dengan Metode Qiro’ati. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 319. https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.301

Saefulloh, M. A. (2015). Upaya Optimalisasi Sarana dan Prasarana Sekolah dalam Meningkatkan Waktu Aktif Belajar Siswa: Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Cigedug 03 Kabupaten Garut. Universitas Pendidikan Indonesia.

Saputra, A., & Yuniansyah. (2018). Pengembangan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak-Anak. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SEMNASTIK) X, 76–82.

Setiawan, D., Rusdi, A., & Putri, V. A. (2018). Peran TPA dalam Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an di Masjid Al-Fattah Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 170–184. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1650

Sri Bulan, & W Eka Wahyudi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Terintegrasi Seni Melalui Narasi Berbasis Gambar Bercerita Surat Al-Fil Untuk Membangun Kemampuan Berpikir Siswa. Journal of Instructional and Development Researches, 1(1), 10-19. https://doi.org/10.53621/jider.v1i1.18.

Published
2021-12-30
How to Cite
Hudiono, Taufik, M., Aad Hariyadi, Ridho Hendra Yoga Perdana, & Amalia Eka Rakhmania. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran TPA Al-Hikmah melalui Pelatihan Penggunaan Perangkat Audio Visual. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 102-109. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.53
Section
Pengabdian Masyarakat
Abstract viewed = 191 times
PDF downloaded = 176 times Similarity Check downloaded = 24 times