Optimalisasi Blended Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar
Abstract
Sebagai bentuk kesadaran dalam mengoptimalkan pembelajaran pada masa peralihan setelah pandemi covid-19 para pendidik perlu mengambil peran lebih awal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar dengan mengadakan pelatihan dalam bentuk pengabdian masyarakat. Tujuan pengabdian ini adalah upaya nyata untuk mengoptimalkan pembelajaran blended learning berbantuan learning system managemen Google Classroom untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru dengan menjalin kerjasama sesuai dengan instansi sasaran. Kegiatan pelatihan ini ada karena kondisi di satuan pendidikan yang belum pernah tersentuh pelatihan dalam peningkatan kualitas pembelajaran blanded berbantuan LMS. Metode yang digunakan dalam pengoptimalisasi pembelajaran blanded adalah cermah, diskusi, praktik implementasi aplikasi Google Classroom yang terakomodasi dengan face to face home visit (blended). Sasaran Pengabdian masyarakat ini meliputi pendidik dan tenaga kependidikan di SDN 1 Ngares dan SDN 2 Ngares kabupaten Trenggalek sejumlah 15 guru, 2 operator dan 3 staf karyawan sekolah. Hasil akhir yang didapatkan dari kegiatan pengabdian masyarakat meningkatkan keterampilan guru dalam mengoptimalkan blanded learning berbantuan google classroom, sehingga nantinya memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran guru.
Metrics
References
Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.
El Fauziah, U. N., Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris Smp Di Subang. Abdimas Siliwangi, 2(2), 183. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p183-191.3281
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225–233. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924
Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. 25(3), 401–410.
I Ketut Widiara. (2018). Blanded Learning sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. PURWADITA, 2(2), 50–56.
Ibda, H., & Laeli, D. N. (2021). Hasil Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19 Melalui Home Visit Studi di MI Salafiyah Kranggan. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 12. https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.451
Ika Sriyani. (2021). Google classroom sebagai solusi pembelajaran jarak jauh mata pelajaran administrasi umum. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(2), 456–461. https://doi.org/10.31002/ijel.v4i2.3111
Inayah, N. (2020). Keefektifan Metode Blended Learning Berbasis Multimedia Untuk Analisis Pemahaman Konsep Nurul Inayah Universitas Negeri Semarang Tahun 2020. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 1–120.
Jumaini, Hilda Hirmaliza Hertin, Mazruatun Nisfiyati, M. I. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Blanded Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta-Analisis. Pembelajaran Matematika Dan Pembelakaran Matematika, 5(1), 48–63.
Lestaria Simvony, Y., Budi Santosa, A., & Nugroho, W. (2021). The Role of Parents in Blended Learning Towards Student Character Values in The Covid-19 Pandemic. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(2), 134–143. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i2.249
Ni’matul Khoiroh, Munoto, dan L. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(Blended Learning), 97–110.
Nugroho, W. (2021a). Problematika Pemenuhan Hak Belajar Anak Di Era Pandemi Dari Sudut Pandang Guru, Siswa Dan Orangtua. In Adi Wijayanto (Ed.), Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar (pp. 199–206). https://files.osf.io/v1/resources/yshk6/providers/osfstorage/608a766c6801ab00352abcfa?action=download&direct&version=1
Nugroho, W. (2021b). Strategi Guru Dalam Memanfaatkan Pembelajaranberbasis Digital Pada Kurikulum Darurat. In A Wijayanto (Ed.), Akademisi dalam lingkar daring. Akademia Pustaka. https://scholar.google.co.id/scholar?oi=bibs&hl=id&cluster=8611328082268697119
Purwanto, R. (2021). Home Visit Method Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 8(1), 51–64.
Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. 4, 533–538.
Setyaningsih, W. D., & Hidayat, S. (2021). Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. 8(3), 727–741.
Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437
Sofiana, N. (2015). Implementasi Blended Learning Pada Mata Kuliah Extensive Listening. 12(1).
Suryadi, A., Rosa, N. M., & Suaedah, S. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran dan Google Form untuk Pembuatan Soal. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2020 (SNPPM-2020), 2020, 176–184.
Susanti, D. I., & Prameswari, J. Y. (2020). Adaptasi Blended Learning di Masa Pandemi COVID-19 untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Lingua Susastra, 1(2), 50–61. https://doi.org/10.24036/ls.v1i2.8
Ucu Suhayati. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Google Class Room dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 1–16.
Wardani, D. N., J.E, A. T., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning Deklara Nanindya Wardani, Anselmus J.E. Toenlioe, Agus Wedi. 1(1), 13–18.
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.