Urgensi Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi Covid-19

Autor(s): Arif Agus Mujahidin, Aisyah Luthfi Hasanah, Meti Andani, Muh. Alif Kurniawan
DOI: 10.33511/misykat.v6n2.183-196

Abstract

Dalam proses pembelajaran, komunikasi adalah media utama yang digunakan sebagai penyampaian materi oleh guru kepada peserta didik. Pada kondisi pandemi seperti sekarang ini, kegiatan belajar mengajar sangat bergantung pada seorang pendidik.  Seorang pendidik dapat menggunakan berbagai alat untuk menyampaikan materi yang dianggap dapat membantu peserta didik dalam menangkap dan mencerna setiap pembelajaran yang disampaikan oleh guru, alat ini disebut media pembelajaran. Supaya materi ajar yang disampaikan dapat diterima peserta didik, maka dibutuhkan media yang sesuai serta membantu dalam proses penyampaian materi, khususnya dalam pembelajaran PAI. Dimana pembelajaran ini memiliki peran penting dalam tatanan kehidupan manusia, dan sebagai alternatif sebuah media yang berbasis gambar dan suara guna menyampaikan materi pembelajaran pendidikan agama Islam. 

 

Keywords

Media Pembelajaran; Audio Visual; Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References

Aji, Rizqon Halal Syah, “Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Ketrampilan, dan Proses Pembelajaran”, SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, Vol.7, No.5, 2020.

Al-Yusra, Rizki, Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 1, 2019.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2017.

Bambang, Lestari, dkk, “Penerapan Pembelajaran Media AudioVisual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas VIII A SMP

GKST Imanuel Palu:, dalam Jurnal Sains dan

Teknologi. Vol. 4 No. 1, 2015.

Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Dewi, H. R, “Efektivitas Pembelajaran Ilmu Almiah Dasar (IAD) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Vol. 2 No.2, 2018.

Ermawati, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa

Kelas V SDN Kalianget Timur X”, dalam Jurnal

Pedagogia. Vol. 3 No. 2, 2014.

Jaelani, Ahmad, dkk, “Penggunaan Media Online dalam Proses

Kegiatan Belajar Mengajar PAI dimasa Pandemi Covid19. Jurnal Ikatan Alumni PGSD UNARS. Vol. 8 No. 1, 2020.

Karlina, Hani, “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama”, dalam, Jurnal Literasi. Vol. 1 No.1, 2017.

Kurniawan, Muh. Alif, “Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Macromedia Flash sebagai Sumber Belajar”, dalam Jurnal Al-Misbah. Vol. 8 No. 2, 2020.

Melawati, “Implementasi Media Audio Visual Pada Sekolah SMP Al-Munib. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP”, Vol 2 No. 1, 2019.

Muhammad Zainuddin Atsani, Lalu Gede“Transformasi Media

Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19” dalam Jurnal Studi Islam. Vol. 1 No.1, 2020.

Nasution, S, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung:

Tarsito, 2003.

Nilakusmawati, Desak Putu Eka, dkk, Panduan Perancangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Siswa Tuna Rungu. Prodi Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana, 2014.

Nurrita, Teni, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” dalam Jurnal Misykat. Vol. 3 No. 1, 2018.

Prasanti, Ditha, “Penggunaan Media Komunikasi bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan”, dalam Jurnal Lontar. Vol. 8 No. 1, 2018.

Purwono, Joni, dkk, “Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran” Vol. 2 No. 2, 2014.

Rahmat, Pupu Saeful, “Penelitian Kualitatif. Jurnal Equilibrium, Vol. 5 No. 9, 2009.

Ramli, Muhammad, Media dan Teknologi Pembelajaran.

Banjarmasin: IAIN Antasari Press, 2012.

Rinaldi, A. A., Daryati, D., & Arthur, R, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan”, dalam Jurnal PenSil. Vol. 6 No. 1, 2017.

Rusman, dkk, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Salsabila, Unik Hanifah, dkk, “Urgensi Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, dalam Jurnal Insania. Vol 25 No 2, 2020.

Sanjaya, Wina, Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2014.

Sudjana, Nana, Rivai, Ahmad, Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2003.

Triyadi, S, “Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia, dalam Jurnal Pendidikan Unsika. Vol. 3 No. 1, 2015.

Wulandari, Fitri, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran

Audio-Visual Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 7 Surakarta”, 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.