Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Islam (Ipi)

Autor(s): Fitri Handayani, Uus Ruswandi, Mohamad Erihadiana, Muhammad Hasan Basari
DOI: 10.33511/misykat.v5n2.67-80

Abstract

Beraneka ragam budaya, suku, bahasa, warna kulit, etnis, adat, agama dan  kepercayaan serta berbagai konflik di Indonesia, namun dipersatukan dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, berbeda-beda namun satu jua. Hal ini bisa diwujudkan secara strategis melalui pendidikan multikultural pada pendidikan formal, informal dan nonformal. Pendidikan multikultural merupakan ide, gerakan pembaharuan pendidikan dan proses pendidikan yang bertujuan untuk mengubah struktur lembaga pendidikan supaya semua peserta didik menjadi anggota kelompok ras, etnis, dan kultur dapat memiliki kesempatan untuk mencapai prestasi. Pendidikan multikultural perlu dioptimalkan dalam menata dinamika keragaman untuk menjadi potensi kemajuan dan peradaban manusia menuju ketakwaan. Pendidikan multikultural merupakan “Education for All” yakni pendidikan untuk semua orang dan mengutamakan persamaan hak. Pendidikan multikultural dapat diimplementasikan pada pendidikan di Indonesia dan selaras dengan ilmu pendidikan islam. Melalui pendidikan multikultural, ilmu pendidikan Islam akan semakin meluas penyebarannya dan  menjadi rahmat bagi seluruh alam dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Keywords

keberagaman; multikultural; pendidikan Islam;

Full Text:

PDF

References

A. Bank, James (ed), Multicultural Education: Issues and Perspectives, London: Allyn and Bacon Press, 1989.

El-Ma’hady, Muhaemin “Multikulturalisme dan Pendidikan Multikultural”, dalam Forum Tarbiyah Vol. 7, No. 2, Desember 2009.

Nata, Abudin Filsafat Pendidikan Islam, cet-1, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Suparlan, Parsudi, “Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural”, dalam makalah 2002.

Tilaar, H.A.R. Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional, Jakarta: Grasindo, 2002.

Undang Undang Sisdiknas tahun 2003 pasal 4 (1), Bab III tentang Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan.

Waskito, Tejo dan Miftahur Rohman, “Pendidikan Multikultural

Perspektif al-Qur’an”, dalam, Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 14, No. 02, Desember 2018.

http://journal.iaincurup.ac.id. http://journal.iainkudus.ac.id. https://assunnah.ac.id. https://tafsirweb.com.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.