Living Values Education: Alternatif Pendekatan Pendidikan Karakter dalam Pencegahan Ekstremisme

Autor(s): Taufik Hidayatullah
DOI: 10.33511/misykat.v4n2.87-126

Abstract

Fenomena ekstremisme kekerasan dan masalah-masalah sosial yang semakin meningkat meniscayakan perlunya pendekatan pendidikan yang bukan sekadar menekankan dimensi pengajaran semata, tetapi juga pada dimensi kemanusiaan. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam pendidikan karakter adalah Living Values Education (LVE). Pendekatan LVE tidak hanya bertujuan untuk mengajarkan nilai (values), melainkan menggali dan menghidupkan nilai-nilai atau karakter murid dalam kehidupan. LVE menekankan pentingnya menggali nilai-nilai positif untuk membantu anak dalam menghadapi tantangan di kemudian hari, sehingga selain sebagai proses penyadaran yang berperan besar dalam melakukan transformasi sosial, LVE juga merupakan strategi maupun pendekatan baru dalam pendidikan. Kajian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara Pendidikan Islam dan Living Values Education, strategi pendekatan Living Values Education sebagai penguatan pendidikan karakter dalam Pencegahan Ekstremisme Kekerasan, serta relevansi Living Values Education bagi sistem pendidikan di Indonesia.

Keywords

Living Values; Pendidikan; Karakter; Ekstremisme;

Full Text:

PDF

References

Achmad, Nur, Pluralitas Agama Kerukunan Dalam Keragaman, Jakarta: Gramedia, 2001.

Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyah. Ruh al-Islam, Mesir: Matba’ah Lajnah al-Bayan al-‘Arabi, 1964.

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib, Aims and Objectives of Islamic Education, Jeddah: King Abdul Aziz University, 1979.

…………, Syed Muhammad Naquib, The Concept of Education inIslam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education, KualaLumpur: ISTAC, 1999.

Al-Bukhariy, Ibn ‘Abdullah Muhammad ibn Isma`il ibn al-Mughirah ibn Bardizbah al-Ja`fiy. Sahihh al-Bukhariy, Juz IV. Beirut: Dar al-Fikr, 1993.

Al-Gazaliy, Imam. Ihya’ Ulum al-Din, Jilid III. Kairo: Dar al-Hadits, 2004.

Al-Jamali, Muhammad Fadhil, Nahwa al-Tarbiyah Mukminat, Tunisia: al-Syirkat al-Tunisiyat li al-tauzi’, 1977.

Al-Qardawi, Yusuf, Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna, Jakarta: Bulan Bintang, 1980.

Al-Syaibaniy, Omar Muhammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1977.

Anshari, Endang Saifuddin, Pokok-Pokok Pikiran tentang Islam, Jakarta: Usaha Enterprise, 1976.

Anwar, M. Syafi’i. “Mengkaji Islam dan Keberagaman dengan Kearifan”, Al-Wasathiyyah, Vol 1, No. 2, 2006.

Arifin, Iis. “Urgensi Implentasi Pendidikan Multikultural di Sekolah”, Jurnal Insania Vol.12 No.2 Mei-Agustus 2007.

Arnold, Barbara, Jinks, Bigby. “Is There a Relationships between Honor Codes and Academic Dishonesty”. Journal of College and Character Volume VIII, No. 2, Februari 2007.

Arthur, James, “Traditional Approaches To Character Education In Britain And America,” dalam Nuccy, Larry P dan Darcia Narvaez. Handbook Of Moral And Character Education, London: Routledge, 2008.

Aunillah, Nuria Isna, Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Laksana, 2011.

Battistich, Victor, Character Education, Prevention, and Positif Youth Development, Illinois: University of Missouri, St Louis, 2007.

Berkowitz, M.W dan M.C. Bier, “What Works in Character Education?” Journal of Research in Character Education, 5 (1), 2007.

Brown, David, Giving Voice to the Impacts of Values Education, An Australian Government Initiative: Education Services Australia, 2010.

…………, Giving Voice to the Impacts of Values Education: The Final Report of the Values in Action Schools Project, An Australian Government Initiative: Education Services Australia, 2010.

Dahlan, Abdul Azis, Suplemen Ensiklopedi Islam, Jilid I, Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve, 2003.

Damon, William, Bringing in A New Era in Character Education, California: Hoover Institution Press, 2002.

Dewantara, Ki Hajar, Pengajaran Budi Pekerti, Yogyakarta: Taman Murid, Bag.I. 1977.

Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional, Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010, Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

El-Fadl, Khaled Aboe, Cita dan Fakta Toleransi Islam Puritanisme versus Pluralisme, Bandung: Arasy, 2003.

…………, Khaled Aboe, Speaking in God’s Name: Islamic Law, Authority, and Women, Atas Nama Tuhan; dari Fikih Otoriter ke Fikih Otoritatif, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2004.

Fadjar, A. Malik, Holistika Pemikiran Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

…………, A. Malik, Tinta yang Tak Pernah Habis, Jakarta: INTI, 2008.

Freire, Paulo, Pendidikan sebagai Praktek Pembebasan, Jakarta: Gramedia, 1984.

…………, Pendidikan yang Membebaskan, Pendidikan yang Memanusiakan, Menggugat Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.