Sisi-Sisi Keindahan Bahasa Al-Qur'an

Autor(s): Ali Mursyid
DOI: 10.33511/misykat.v4n2.23-60

Abstract

Selama ini penelitian dan kajian mengenai bahasa al-Qur‟an, masih mengangkat beberapa tema lama. Seperti tentang apakah ada bahasa selain bahasa Arab dalam al-Qur‟an. Selain itu juga, kajian biasanya seputar kajian Balaghah dan Uslub al-Qur‟an. Artikel ini, merupakan hasil penelitian pendahuluan penulis tentang Keindahan Bahasa al-Qur‟an dari berbagai sisinya. Kajian ini menggunakan pendekatan Studi Bahasa al-Qur‟an, dengan menganalisa unsur-unsur dasar kebahasaan. Yaitu unsur kata, kalimat, kekuatan deskripsi dan visualisasinya, juga tentang bunyi dan nada yang menyertai pengucapan sebuah bahasa. Kajian ini, berusaha mengeksplorasi berbagai sisi keindahan bahasa al-Qur‟an, dari sisi keunikan kata, ketepatan pilihan kata dalam al-Qur‟an dan segala hal terkait. Juga tentang rahasia keindahan susunan kalimatnya, efek deskripsinya yang mengena, visaulisainya yang begitu jelas dan bunyi-bunyi, baik bunyi kata, maupun bunyi akhir ayat-ayat al-Qur‟an yang luar biasa serasi dan indah.

Keywords

Kata; Kalimat; Penggabaran; Bunyi; Nada al-Quran;

Full Text:

PDF

References

Al-Jurjânî, „Abd al-Qâhir, Dalâil al-I‟jâz, Damaskus: tp, 1987.

Al-Zarqâni, Manahil al-„Irfân fi „Ulûm al -Qur`ân, Beirut: Dâr Ihya‟ al-Kutub al-„Ilmiyah, 2004).

Al-Bâqilânî, I‟jâz al-Qur‟ân, Kairo: Dâr al-Ma‟ârif, 1963.

Ar-Rûmâni, al-Nukat fî I‟jâz al-Qur‟ân, Kairo: Dâr al-Ma‟ârif, 1976.

Al-Qathalâni, Lathâ‟if al-Isyârah li Funûn al-Qira‟ât, (Madinah: Wuzârah al-Syu‟ûn al-Islâmiyah wa al-Auqâf, wa al-Da‟wah wa al-Irsyâd, th.

Amîn, Bakrî Syaikh, al-Ta‟bîr al-Fannî fi al-Qur‟ân, cet. IV, Kairo: Dâr al-Syurûq, 1980.

Al-Balkhî, Muqâtil bin Sulaiman al-Balkhî, al-Mujûh wa al-Nazhâir fi al-Qur‟ân al-„Azhîm, Dubai: Markaz Jam‟ah al-Mâjid li al-Tsaqâfah wa al-Turâts, 2006.

Al-Dâmighânî, al-Imâm al-Syaikh Abî „Abdillah al-Husain bin Muhammad, al-Wujûh wa al-Nazhâir li Alfâzh Kitâbillah al-„Aziz, Beirut: Dâr al-Kutub al-„Ilmiah, th.

Al-Munjid, Mahmûd Nûr al-Dîn, al-Isytirâk al-Lafzhy fi al-Qur‟ân al-Karîm, Beirut: Dâr al-Fikr al-Mu‟âshir, 1999.

Ar-Râfi‟î, I‟jâz al-Qur‟ân wa al-Balâghah al-Qur‟âniyah, Beirut: Dâr al-„Arabiyah, 1973.

As-Sabt, Khâlid Utsman, diterj. Salman Harun, Kaidah-Kaidah Tafsir, Jakarta: PT. Qaf Media Kreativa, 2017.

As-Suyûthi, al-Itqân fi Ulûm al-Qur‟ân, jilid 2, cet. III, TK: al-Halabi, 1951.

Fitriyah, Tika, “Stilistika Kisah Nabi Luth dalam al-Qur‟an”, Tesis Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prodi Studi Agama Islam dan Filsafat, konsentrasi ilmu bahasa Arab, 2015.

Hamdani, Wagiono Hamid dan Abdurrahman, Maman, “Fenomena Polisemik Bahasa Arab dalam al-Qur‟an dan Implikasi Pembelajarannya”, dalam jurnal Bahasa dan Sastra, UPI, Vol. 14, No. 1, April 2014.

Husein „Abd al-Qâdir, al-Qur‟ân: I‟jâzuhu wa Balâghatuhu, Kairo: al-Amânah, 1975.

Iwatunnisa, Khalida, “Keserasian Bunyi Akhir Ayat dalam QS. al-Insyirah: Kajian Aspek Fonologi al-Qur‟an”, Skripsi Jurusan Ilmu al-Qur‟an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.

Istianah, “Stilistika al-Qur‟an: Pendekatan Sastra Sebagai Analisis dalam Menginterpretasikan al-Qur‟an”, dalam jurnal Hermeneutika, diterbitkan STAIN Kudus, Vol. 8, No, 2, Desember 2014.

Muhammad, Ahsin Sakho, Oase al-Qur‟an: Penyejuk Kehidupan, Jakarta: Penerbit Qaf, 2017.

Mahsun, Metode Penelitian Bahasa, Jakarta: Rajawali Press, 2005.

Maimun, Muhammad, “Kosa Kata Asing dalam al-Qur‟an”, Tesis Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakartam 2010.

Mukhlas, Moh., “Fenomena Pragmatis dalam al-Qur‟an: Kajian Atas Bentuk Imperatif pada Surah an-Nur”, dalam jurnal At-Ta‟dib, Universitas Darussalam Gontor, Vol. 9, No. 1, Juni 2014.

Muhammad al-Hasnâwî, al-Fâshilah fi al-Qur‟ân, Beirut: tp, 1986.

Nurhidayat, “Penggunaan Gaya Bahasa Simile dalam al-Qur‟an”, dalam jurnal Manhaj, diterbitkan Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu, Vol. 4 No. 2, Mei-Agustus 2016.

Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu, Metodologi Penelitian, cet.II, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Qalyubi, Syuhbanuddin, “Stilistika Kisah Ibrahim dalam al-Qur‟an”, Disertasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2006.

Raudhatussolihah, Baiq, “Analisis Linguistikk dalam al-Qur‟an: Studi Semantik Terhadap QS. al-„Alaq”, Tesis pada Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 2016.

Ratna, Nyoman Kutha, Metode Penelitian: Kajian Budaya dan Sosio Humaniora Pada Umumnya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Shihab, M. Quraish, Membumikan al-Qur‟an, Bandung: Penerbit Mizan, 1992.

…………, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur‟an, Jakarta: Lentera hati, 2002.

Sayuti Anshari, Ahmad, Fonetik dan Fonologi al-Qur‟an, Jakarta: Penerbit Amzah, 2012.

…………, “Sifat-Sifat Bunyi al-Qur‟an: Sebuah Tinjauan Fonetis”, dimuat di Misykat, jurnal Pascasarjana IIQ Jakarta, Vol. III, No. 1 Februari, 2010.

Sunny, Suniarti, “Gaya Bahasa dalam Surah Ar-Rahman: Kajian Stilistika”, Tesis Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.

Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, cet. II, Jakarta: Rajawali Press, 1985.

Tricahyo, Agus, “Stilistika al-Qur‟an: Memahami Fenomena Kebahasaan al-Qur‟an dalam Penciptaan Manusia”, dalam jurnal Dialogia, diterbitkan oleh STAIN Ponorogo, Vol. 12, No. 1, Juni 2014.

„Umâr, Ahmad Mukhtâr, Lughat al-Qur‟an, Dirâsah Tautsiqiyah Fanniyah, Kuwait: Muassasah al-Kuwait Li Taqaddum al-„Ilmî, 1997.

Qal‟ahji, Muhammad Rawwas, Lughat al-Qur‟ân Lughat al-„Arab al-Mukhtârah, Dharhan, Dâr al-Nafâ‟is, 2017.

Quthb, Sayyid, Masyâhid al-Qiyâmah fi al-Qur‟ân, cet. XVI (Kairo, Dâr al-Syurûq, 2006).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.