Syndrom Baby Bluess: Kesan dan Penanganan dalam al-Qur’an

Autor(s): Ade Nailul Huda
DOI: 10.33511/misykat.v4n2.1-22

Abstract

Emosi memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan jiwa manusia; emosi positif akan memberi dampak positif pada kesehatan rohani dan jasmani. Sebaliknya emosi negatif dapat mengganggu kestabilan Psikis dan fisik seseorang. Pada Ibu pasca melahirkan, terjadi perubahan hormon dan pengalaman melahirkan yang tidak ringan, beberapa ibu mengalami ketidak stabilan emosi yang dikenal dengan nama syndrom Baby Blues atau Postpartum Blues. Beberapa kondisi dapat hilang dengan sendirinya, namun kondisi yang lain, bila tidak segera ditangani akan membuat gejala ini semakin parah dan menyebabkan Postpartum Depression, lebih parah lagi bisa meningkat menjadi Postpartum Psikosis yang menyebabkan ibu berhalusinasi serta dapat menyakiti dirinya maupun orang lain termasuk bayinya. Banyak orang tidak menyadari hal ini lalu mempersepsikannya sebagai gangguan makhluk halus atau sikap berlebihan ibu. Pengenalan gejala ini melalui pendekatan al-Qur‟an diharapkan dapat memberi masukan bahwa gejala emosi yang dialami Ibu dengan Baby Blues ini alamiah dan dapat terjadi sebagaimana gangguan emosi yang lain. Penelitian ini juga mencoba membumikan al-Qur‟an dalam konteks kehidupan sehari hari hingga al-Qur‟an bukan hanya dijadikan bacaan tanpa makna namun dapat diterapkan untuk menyelesaikan berbagai masalah kehidupan.

Keywords

Syndrom; Baby Bluess; Penanganan; al-Qur’an;

Full Text:

PDF

References

Al-Albani, Nasaruddin, Silsilah al-Hadis as-Shahihah, Riyadh: Maktabah al-Ma‟arif, No. Hadis: 284.

Al-Bukhari, Muhammad Bin Ismail Abu Abdullah, Shoheh al-Bukhari, cet.1, Juz.4, Darr at-Thauq an-Najat,1422 H, No. Hadis. 2893.

Al-Bukhari, Muhammad Bin Ismail Abu Abdullah, Shoheh al-Bukhari, Juz. 8.

Al-Bukhari, Muhammad Bin Ismail Abu Abdullah, Shoheh al-Bukhari, Juz. 3, No. Hadis: 1968.

Al-Jauziyah, Ibnu Al-Qoyyim, Madararijus Saalikin, Cairo: ad-Dar al-Alamiah li an-Nasyr wa at-Tauzi‟.

Al-Qurthubi, Abu Abdullah Muhammad Bin Ahmad al-Anshori, al-Jami’ li al-Ahkam al-Qur’an, cet.1, Juz.14, Bairut: Dar al-Kutub al-„Ilmiyyah, 1420 H/2000 M.

Ar-Razi, Fakhruddin, at-Tafsir al-Kabir, cet.3, Cairo: Dar Ihya at-Turots al-Arabi, 1420 H.

Ath-Thabari, Abu Ja‟far Muhammad bin Jarir, Jami’ al Bayan fi Ta’wil al-Qur’an, Juz. 7.

Ath-Thabari, Abu Ja‟far Muhammad bin Jarir, Jami’ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an, cet.1, , Juz.4, Cairo: Darr as-Salam, 1425 H/2005 M, No. Hadis: 3208.

Ath-Thabari, Abu Ja‟far Muhammad bin Jarir, Jami’ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an, Juz:19.

At-Tirmidzi, Muhammad Bin Isa, Sunan at-Tirmidzi, cet.1, Cairo: Dar al-Hadis, 1419 H/1999M. No. Hadis: 1162.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, ed.3, Jakarta: Balai Pustaka,

Fatmawati, Diah Ayu, Faktor Resiko Yang berpengaruh terhadap kejadian Postpartum Blues, Eduhealth, 2015.

Ningrum, Susanti Prasetya, “Faktor-Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Postpartum Bluess: Psympathic”, Jurnal Ilmiah Psikologi, Desember 2017, Vol. 4, No. 2.

Ningrum, Susanti Prasetya, Faktor-Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Postpartum Blues, 2017.

Restyana, Cindy Ika, dkk, Kejadian baby Bluess pada Ibu Primipara di RSUD Bangil Pasuruan, Hospital Majapahit, Vol.6, No.2, November 2014.

Salim, Ahmad Husein Ali, Terapi al-Qur’an untuk Penyakit Psikis Manusia, penerjemah Muhammad al-Mihwar, cet.1, Jakarta: Asta Buana Sejahtera, 2006.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, cet. Ke-26, Bandung: Alfabeta, 2017.

Sururin, Ilmu Jiwa Agama, cet.1, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.

Umaya, Andrew, dkk, Perbandingan Kejadian Postpartum Bluess Pada Ibu Postpartum Dengan Persalinan Normal Dan Sectio Caesarea, JOM PSIK, Vol. 1, No.2, Oktober 2014.

Wahyuni, Sri, dkk, “Faktor Internal dan Eksternal Yang mempengaruhi Depresi Postpartum”, Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan, Volume 3, No 2, November 2014.

www. Liputan 6.Com, di akses tanggal 28 Oktober 2019, pukul 09.33.

www. Tribunnews.Com, diunggah tanggal 28 Oktober 2019, pukul 09.24.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.