MODEL PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN BERBASIS MAJELIS MELALUI SKEMA QARDHUL HASAN:

Studi Kasus di Baitut Tamkin NTB Unit Aikmel

Authors

  • Muhammad Zainul Majdi

DOI:

https://doi.org/10.37216/maqosid.v9i01.491

Keywords:

Pemberdayaan, Ekonomi Perempuan, , Baitut Tamkin, Qardhul Hasan

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi model pemberdayaan ekonomi perempuan di Baitut Tamkin NTB melalui skema pinjaman qardhul hasan. Dalam pandangan Baitut Tamkin, uang merupakan media untuk memberdayakan bukan sebagai alat penghasil keuntungan semata, sebab peningkatan ekonomi masyarakat menjadi prioritas utama dibandingkan dengan income lembaga. Perpaduan antara uang sebagai alat dan qardhul hasan sebagai media pemberdayaan menciptakan spektrum baru pada lembaga keuangan mikro Islam dengan tujuan pengentasan kemiskinan berdasarkan nilai-nilai keislaman. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pendekatan ini digunakan untuk mendapatkan data empirik yang berhubungan dengan pertumbuhan nilai sosial-ekonomi masyarakat. Hasil tulisan ini menunjukkan bahwa pola pemberdayaan yang diterapkan oleh Baitut Tamkin secara signifikan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi perempuan yang berkesinambungan, menumbuhkan rasa sadar untuk saling tolong-menolong, dan membangun komunitas perempuan yang paham akan bahaya rente serta menolak segala bentuk tawaran pinjaman ribawi.

References

Al Arif, M. Nur Rianto, Pengantar Ekonomi Syariah: Teori dan Praktik, Bandung: Pustaka Setia, 2015.

al-Bashri, Abu al-Hasan Ali bin Muhammad bin Habib al-Mawardi, al-Hawi al-Kabir fi Fiqh Madzhab al-Imam al-Syafi’i, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1994.

al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad, Ihya Ulum al-Din, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2012.

--------, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad, Syifa’ al-Ghalil, Baghdad: al-Irsyad, 1971.

al-Kadiri, Syaikh Ihsan Muhammad Dahlan, Siraj al-Thalibin Syarh Minhaj al-‘Abidin, Surabaya: Al-Hidayah, t.th.

Kaelan, Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat, Yogyakarta: Paradigma, 2005.

Karim, Adiwarman A., Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2010.

Praja, Juhaya S., Ekonomi Syariah, Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Sinn, Ahmad Ibrahim Abu, Manajemen Syari’ah: Sebuah Kajian Historis dan Kontemporer, terj. Dimyauddin Djuwaini, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Downloads

Published

2021-10-15

How to Cite

Majdi, M. Z. . (2021). MODEL PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN BERBASIS MAJELIS MELALUI SKEMA QARDHUL HASAN: : Studi Kasus di Baitut Tamkin NTB Unit Aikmel. Maqosid: Jurnal Studi Keislaman Dan Hukum Ekonomi Syariah, 9(01), 1-17. https://doi.org/10.37216/maqosid.v9i01.491