KEPUASAN SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PEMUSTAKA

Authors

  • Yuni Inawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Salatiga
  • Dessy Fitria Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Salatiga
  • Murtadho Kesuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Salatiga
  • Yolanda Sryta Pradani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Salatiga
  • Muammar Taufiqi Lutfi Mustofa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Salatiga
  • Ahmad Ulil Albab Al Umar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.53625/juremi.v1i1.64

Keywords:

User, Service Quality, User Loyalty & User Satisfaction

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan yang diberikan pustakawan tehadap loyalitas pemustaka yang dimoderasi oleh kepuasan pemustaka. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan mendapatkannya melalui kuesioner. Anggota perpustakaan merupakan populasi dalam penelitian ini dan mahasiswa pengunjung perpustakaan merupakan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling. Pendekatan Kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji T, uji F,dan uji MRA (Moderated Regression Analysis) menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap  variabel loyalitas pemustaka. Hasil lain menunjukkan bahwa variabel kepuasan pemustaka terbukti dapat memoderasi hubungan kualitas layanan dan loyalitas pemustaka. Hal ini menunjukkan bahwa loyalitas pemustaka dapat diciptakan dengan meningkatkan kualitas pelayanan, kualitas pelayanan yang baik maka akan menimbulkan kepuasaan yang baik pula dan akhirnya akan memengaruhi kepuasaan pemustaka.

References

Fatmawati, Endang. 2013. Mata Baru Penelitian Perpustakaan dari Serviqual ke Libqual. Jakarta : Agung Seto

Ishak, Asmai & Luthfi, Zhafiri. 2011. Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas: Studi tentang Peran Mediasi Switching Cots. Jurnal Siasat Bisnis Vol 15 No. 1.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2005. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kumalaningrum, Febi, Erni W, dan Sutarno. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Moderasi (Sstudi pada Konsumen CS Kopi Tubruk Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 16, No. 2: 226-233

Lubis, Alfi Syahri, dan Nur Rahmah A. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Sucofindo Batam, Journal of Bussiness Administration, Vol. 1, No. 2: 232-243

Normalasari, Selvi, et, al. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 6 No.2.

Nurhidayati, dan Yuliantari, Kartika. 2018. Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet, Widya Cipta, Vol. 11, No. 1: 69-75

Putri, Yulia L, dan Utomo, Hardi. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa), Among Martika, Vol. 10, No. 19: 70-20

Rakib, Fatmawati. 2013. Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan Keliling Terapung (Studi Kasus Di Kota Ternate). Journal Volume II

Risparyanto, Anton. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Pustakawan Terhadap Loyalitas Pemustaka dengan Variabel Intervening Kepuasan Pemustaka, Jurnal Perpustakaan, Vol. 8, No.1: 51-64

Sumartena, I Wayan. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Pelayanan sebagai Variabel Intervening pada Waterpark Seririt Singaraja tahun 2014-2015. JPPE, Vol.7, No.2.

Downloads

Published

2021-07-14

How to Cite

Yuni Inawati, Dessy Fitria, Murtadho Kesuma, Yolanda Sryta Pradani, Muammar Taufiqi Lutfi Mustofa, & Ahmad Ulil Albab Al Umar. (2021). KEPUASAN SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PEMUSTAKA. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i1.64

Issue

Section

Articles