STRATEGI MEMPERTAHANKAN UD LOGAM RAPI DALAM MENGHADAPI COVID-19 DI TULUNGAGUNG

Authors

  • Vonni Chintya Dewi Anisyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Dede Nurohman UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.53625/juremi.v1i3.436

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan dampak yang mengakibatkan pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi Indonesia dan negara-negara lainnya. Yang mengakibatkan sektor terdampak yaitu perekonomian. Kebijakan pemerintah tentang PSBB, lockdown, social distancing, dan PPKM Darurat mengakibatkan transaksi ekonomi di pasar primer berkurang secara drastis. Hal ini menjadikan para pelaku usaha untuk mempertahankan bisnisnya di masa sulit seperti ini. Para pengusaha dituntut menetapkan strategi yang sesuai agar produk tersebut tetap laku dan terserap di pasar. Tidak terkecuali pengusaha logam. Tulisan ini mengarahkan kajian pada bagaimana dampak pandemi bagi perkembangan UD Logam Rapi di Tulungagung dan bagaimana perusahaan itu mempertahankan bisnisnya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak pandemi covid-19 mengakibatkan kenaikan harga bahan baku, menurunnya tingkat penjualan produk, adanya pengurangan karyawan, promosi offline menjadi terhambat, dan belum memiliki pembukuan. Sedangkan strategi yang dilakukan perusahan untuk mempertahankan bisnis adalah melakukan pemasaran melalui media sosial, melakukan perbaikan kualitas produk dan mengoptimalkan hubungan pemasaran dengan pelanggan.

References

Achmad Alfin. 2021. “Analisis Strategi UMKM Dalam Menghadapi Krisis Di Era Pandemi COVID-19.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(10): 1546. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/280.

Ahmad Rijal. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33): 81. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374.

Atmariani Artanti, Hendri Hermawan Adinugraha. 2020. “Strategi Pemasaran Word Of Mouth Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Produk Home Industri Mie Eblek Desa Kasepuhan).” Manajemen dan Ekonomi 3(1): 55–72.

Cinthya Elika Putri Gunawan. 2017. “Analisis Strategi Bisnis Pada Pt . Omega Internusa Sidoarjo.” Agora 5(1): 2. https://www.neliti.com.

Dimas Hendika, Wibowo Zainul Arifin, Sunarti. 2015. “Strategi Dan Program Pemasaran.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 29(1): 59–66. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172.

Hastuti, Pebri, Dita Natania Harefa, and Januarti Ira Melenia Napitupulu. 2020. “Tinjauan Kebijakan Pemberlakuan Lockdown, PHK, PSBB Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 Terhadap Stabilitas Sistem Moneter.” Prosiding WEBINAR Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan V o l . 1: 57–70. http://digilib.unimed.ac.id.

Imelda Kun Wahyuningtyas. 2020. “Strategi Bisnis UMKM Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Daya Saing 6(3): 293–98. http://new.widyamataram.ac.id/content/news/strategi-bisnis-pelaku-umkm-di-tengah-pandemi-covid-19.

Laras Ratu Khalida, and Robby Fauji. 2020. “Analisis Strategi Bisnis Pada Kedai Kopi Limasan Karawang.” Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif 5(2): 1–11. https://journal.ubpkarawang.ac.id/.

Manajemen, Jurnal, and Mochamad Ammar Faruq. 2014. “Penyusunan Strategi Bisnis Dan Strategi Operasi Usaha Kecil Dan Menengah Pada Perusahaan Konveksi Scissors Di Surabaya.” Jurnal Manajemen Teori dan Terapan (3): 176. https://e-journal.unair.ac.id.

Marjam Desma Rahadhini dan Lamidi. 2017. “Strategi Mempertahankan Bisnis Ritel Dalam Mempertahankan Persaingan Yang Kompetitif Kepada Para Pemilik Toko Ritel Di Wilayah Cangakan Nusukan Banjarsari Surakarta.” Adiwidya I(1): 1–10. http://sinta.lldikti6.id/authors/google/6013697?page=4.

Nurul Hidayah Nasution, Arinil Hidayah et al. 2021. “Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Pencegahan Covid-19 Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan.” Jurnal Biomedika dan Kesehatan 4(2): 47–49. https://jurnal.unar.ac.id/.

Prasetyo, Denny. 2015. “Strategi Pengembangan Bisnis Pengolahan LOgam Pada PT. Bhirawa Steel Di Surabaya.” Agora 3(1): 353–62. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/2877.

Putri Diah Juniar Perdamaian, Adinda Puspita, Neng Frida. 2020. “Analisis Strategi Mempertahankan Dan Mengembangkan Bisnis Di Tengah Pandemi COVID-19 Serta Mengetahui Dampak Perkembangan Dan Pertumbuhan COVID-19 Di Indonesia.” Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi dan Keuangan 2(3): 28. https://aktiva.nusaputra.ac.id.

Rizal, Muhammad, Ria Afrianti, and Iman Abdurahman. 2021. “Dampak Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) Bagi Pelaku Bisnis Coffe Shop Pada Masa Pandemi Terdampak COVID-19 Di Kabupaten Purwakarta.” Jurnal Inspirasi V o l . 1: 102. http://inspirasi.bpsdm.jabarprov.go.id.

Shinta Avriyanti. 2021. “Strategi Bertahan Bisnis Di Tengah Pandemi COVID-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi Pada UKM Yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong).” 5(1): 60–74. https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/PubBis/article/view/380.

Surya Wignyo dan Ritzky Karina, M.R. Brahmana. 2017. “Analisa Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Metode Competitive Positioning Analysis Pada Pt Surya Polyplas Utama.” Agora 5(1): 3. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/5266.

Wan Laura Hardilawati. 2020. “Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Akuntansi dan Ekonomika 10(1): 89–98. https://scholar.google.co.id.

Wibowo Hadiwardoyo. 2020. “Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19.” Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship 2(2): 83–92. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/baskara/article/view/6207/4026.

Downloads

Published

2021-11-04

How to Cite

Vonni Chintya Dewi Anisyah, & Dede Nurohman. (2021). STRATEGI MEMPERTAHANKAN UD LOGAM RAPI DALAM MENGHADAPI COVID-19 DI TULUNGAGUNG. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(3), 213–222. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i3.436

Issue

Section

Articles