PEMANFAATAN LAYAR INFORMASI TENTANG STATUS SPM-SP2D GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN PADA BPKD KABUPATEN ACEH BARAT

Authors

  • Andea Bella Friska
  • Yusnaidi Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.53625/juremi.v1i3.447

Keywords:

Layar Informasi, SPM-SP2D, SKPK.

Abstract

Penerepan sistem informasi dan komunikasi dalam mengelola keuangan berpastisipasi pada produktivitas maupun pengukuran kinerja dan peningkatan pelayanan. Dengan adanya hal tersebut, dapat dilakukan dengan efektif dan efisiensi. Sebuah perusahaan dikatakan berhasil apabila setiap pelaksanaan kegiatan perusahaan tersebut telah menyesuaikan kondisi perusahaannya dengan perkembangan zaman. begitu pula dengan penggunaan teknologi yang digunakan. Badan Pengelolaan Keuangan Daerah kabupaten Aceh Barat tepatnya pada bidang Pembendaharaan Daerah akan menyediakan layar informasi tentang status SPM-SP2D. Layar Informasi merupakan suatu teknologi berupa televisi besar dan komputer untuk menangani masalah pada status SPM-SP2D. Layar Informasi ini dimanfaatkan untuk mempermudah SKPK dalam mengetahui tentang status SPM yang diajukan ke bidang pembendaharaan daerah. Jenis Penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah SKPK yang ingin mengetahui tentang status SPM yang diajukan ke bidang Pembendaharaan Daerah dengan jumlah 10 orang. Objek penelitian ini adalah pemanfaatan Layar Informasi dalam meningkatkan pelayanan guna mempermudah SKPK untuk mengetahui tentang status SPM-SP2D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemanfaatan Layar Informasi dapat memberikan keuntungan bagi SKPK dan kantor BPKD. Hal ini sangat efektif karena mampu menampilkan status SPM-SP2D secaralengkap dan akurat sehingga dapat membantu SKPK untuk mengetahui status SPM-SP2D dengan menghemat waktu dan dapat mengurangi intensitas tatap muka dimasa covid-19 pada kantor BPKD Kabupaten Aceh Barat.

References

Kurniawan, R, C (2016). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Universitas Lampung, 10 (3)

Makmur, T (2019). Dampak Dam Implikasi Bagi Perpustakaan, Pustakawan Serta Pemustaka. UIN Sunan Kalijaga 1 (1)

Meleong, L, J. (2011). Metedologi penelitian kualitatif, PT Rosda Karya

Riyanto, A (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi, AMIK BSI Suka Bumi, 2 (1)

Downloads

Published

2021-11-04

How to Cite

Andea Bella Friska, & Yusnaidi. (2021). PEMANFAATAN LAYAR INFORMASI TENTANG STATUS SPM-SP2D GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN PADA BPKD KABUPATEN ACEH BARAT. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(3), 233–240. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i3.447

Issue

Section

Articles