PEMBUATAN FORMULIR ONLINE SEBAGAI MEDIA KONSULTASI SKPK PADA BIDANG ANGGARAN DI BPKD KABUPATEN ACEH BARAT

Authors

  • Meli Audia Fitri Jurusan Manajemen, Universitas Teuku Umar, Meulaboh
  • Ivon Jalil Jurusan Manajemen, Universitas Teuku Umar, Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.53625/juremi.v1i3.554

Keywords:

Formulir Online, Media Konsultasi, Skpk, Bpkd Kabupaten Aceh Barat

Abstract

Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu telah berkembang terutama internet, internet telah memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat, perusahaan, industri, dan pemerintah. Jasa konsultasi online saat ini banyak diterapkan di berbagai kantor yang berhubungan langsung dengan masyarakat, mereka menerapkan cara ini untuk memudahkan masyarakat, dan menghemat waktu, biaya, dan tenaga untuk mendapatkan jasa konsultasi dimana saja dan kapan saja, dan ini juga memudahkan memudahkan pihak penyedia jasa dalam melaksanakan pekerjaannya sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang maksimal. Layanan konsultasi online ini saling menguntungkan kedua belah pihak, baik kantor maupun masyarakat itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya pembuatan formulir online sebagai media konsultasi bidang anggaran pada Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa deskriptif, dalam melakukan penelitian peneliti memperoleh sumber data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kantor Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) di bidang anggaran sangat membutuhkan pembuatan formulir online sebagai media konsultasi bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPK) untuk memfasilitasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPK) Kabupaten. SKPK) dalam melakukan konsultasi dan dengan bentuk online karena Media konsultasi ini adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPK) dapat melakukan konsultasi kapan saja dan dimana saja, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPK) Kabupaten.

References

Charolina, Y & Honny. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Googleform Dalam Pembelajaran Bagi Guru Pada Masa Pademi. Universitas Bunda Mulia, 23 (1)

Prayoga, J. Elyas, A, H. Et.al. (2019). Pelatihan Pembuatan Formulir Online Sebagai Sarana Informasi dan Pendaftaran Di Kantor Pemerintahan Desa Namu Sialang Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat. Ilmu Komunikasi Universitas Dharmawangsa, 2 (1)

Rusno. (2010). Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Terhadap Prestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang, 6 (2)

Sutrisna, J. (2017). Perancangan Sisitem Formulir Pelayanan Kedukaan Online Menggunakan Metode Web Base Engineering Pada PT. Abadi Cahaya Universal (Rumah Duka Abadi) Jakarna. Fakultas Teknik Universitas Pamulang, 2 (2).

Downloads

Published

2021-11-04

How to Cite

Meli Audia Fitri, & Ivon Jalil. (2021). PEMBUATAN FORMULIR ONLINE SEBAGAI MEDIA KONSULTASI SKPK PADA BIDANG ANGGARAN DI BPKD KABUPATEN ACEH BARAT. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(3), 273–280. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i3.554

Issue

Section

Articles