Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Melalui Model PBL di SDI Al Umar Ngargosoka

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitiannya adalah siswa kelas 3 SD Islam Al Umar Ngargosoka yang berjumlah 23 siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi dan berpikir kritis siswa pada tema 6 subtema 2 dengan menggunakan model PBL di SD Islam Al Umar Ngargosoka. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar kuesioner, dan pedoman wawancara untuk komunikasi dan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan analisis deskriptif berupa kata-kata penjabaran dari setiap table yang disajikan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa (2) penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan berpikir kritis siswa (3) peningkatan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis siswa melalui Problem Based Learning yang dilakukan dengan langkah-langkah a) Mengorientasikan masalah, b) mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, c) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, e) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.