Analisis kesalahan Berbahasa Siswa Dalam Interaksi Pembelajaran Daring di SMA Negeri 1 Natal Tahun Pelajaran 2020/2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tentang kesalahan berbahasa siswa dalam interaksi pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Natal dengan fokus kajian pada semua tataran linguistik. Tujuannya memberikan deskripsi tentang jenis-jenis kesalahan berbahasa siswa dalam interaksi pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis deskiptif. Data penelitian diperoleh dari dokumentasi berupa rekaman video pembelajaran daring, histori percakapan pada platform pembelajaran daring asynchronuous, lembar tugas siswa, dan hasil pengamatan langsung terhadap pembelajaran daring synchronuous. Lembar pengamatan dan lembar pencatatan digunakan sebagai instrument pengumpulan data. Dalam penggunaan instrument dimaksud, peneliti mengamati, membaca, memahami, mencatat, dan mengidentifikasi data yang berhubungan dengan fokus penelitian, yaitu tuturan dan tulisan siswa yang mengalami kesalahan. Hasil penelitian  menunjukkan  terjadinya  kesalahan  berbahasa  siswa  dalam  semua tataran linguistik, yaitu keselahan fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik.