Pelatihan dan Pengenalan Dasar-Dasar Komputer bagi Siswa Sekolah Dasar di Lingkungan Kelurahan Temmalebba
Abstract
Masa Pandemi covid-19 memaksa pembelajaran dilakukan secara daring sehingga hal tersebut mengharuskan anak-anak untuk mengetahui bagaimana menggunakan teknologi dengan benar termasuk penggunan komputer. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 09 Februari 2021 sampai dengan 15 Maret 2021 dengan tema pengabdian “Pelatihan Pengenalan Dasar-Dasar Komputer pada masa pandemi Covid-19 bagi siswa SD di desa Marannu”. Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu agar anak-anak SD di Desa Marannu mampu menguasai ilmu pengetahuan komputer seperti Microsoft Office diantaranya Microsoft Word dan Powerpoint, serta cara mengakses informasi dari internet. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam kegiatan ini tim pengabdian berhasil menjalankan pelatihan dasar komputer. Hal ini terlihat dari antusias anak-anak dalam mengikuti kegiatan. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa-siswi sekolah dasar di Kelurahan Temmalebba mengenal dan mampu menggunakan teknologi yang telah mereka dapatkan melalui pelatihan.
Downloads
References
Green, L. (2002). Communication, Technology, and Society. London: Sage Publications
Pujiriyanto. (2009). Peranan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak. Dinamika.
Wiranto, F., Bambang, B., & Ade, I. (2015). Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Siswa Sekolah Dasar dan Perangkat Desa Alata Karya Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Universitas Negeri Gorontalo.
Copyright (c) 2021 Rahmawati Upa, Reski Pilu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.