Pelatihan Bahasa Inggris Islami Bagi Anak-Anak TPQ di Masjid Nurul Khalifah Samata

  • Andi Hudriati Universitas Muslim Indonesia
  • Rusdiah Rusdiah Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Bahasa Inggris Islami, TPQ Masjid Nurul Khalifah

Abstract

Implementasi bahasa Inggris Islami bagi anak-anak di TPQ Masjid Nurul Khalifah sangat cocok diberikan karena mereka akan dibekali dengan materi autentik yang diambil dari kehidupan sehari-hari dan sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Proses pembelajaran dilakukan dengan memperlihatkan gambar dan menggunakan audio visual. Target yang ingin dicapai yaitu siswa berpartisipasi aktif, antusias dan menciptakan insan Islami yang berakhlakul karimah dan dicintai oleh Allah SWT sehingga dapat mengembangkan potensinya. Pembelajaran bahasa Inggris Islami terlaksana dengan menarik serta sesuai untuk usia anak dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif serta beragam yang dapat memudahkan anak untuk memahami bahasa Inggris. Pelatihan bahasa Inggris Islami berlangsung secara intensif, tiap anak-anak diberi stimulasi dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, role play, demonstrasi dan pemberian tugas. Anak-anak TPQ Masjid Nurul Khalifah diharapkan saling bersinergi secara positif dengan yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan real untuk menyongsong kehidupan yang lebih cemerlang di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diknas dan LP2MSI Kota Pare Pare. (2004). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V dan VI Sekolah Dasar. ParePare: Dinas P dan K dengan LP2MSI

Priyadi, dkk. (2013). Peningkatan Mutu Pembelajaran Taman Pendidikan AlQur’an Dengan Pembuatan Kurikulum TPQ. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2(3).

Rohmah, Z. (2012). Incorporating Islamic messages in the English teaching in the Indonesian context. International Journal of Social Science & Education.

Published
2021-11-24
How to Cite
Hudriati, A., & Rusdiah, R. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Islami Bagi Anak-Anak TPQ di Masjid Nurul Khalifah Samata. Madaniya, 2(4), 428-438. https://doi.org/10.53696/27214834.120
Section
Artikel