Pendampingan Model Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran PAI di SD Riyadlul Arkham Tembong Plintahan Pandaan

Authors

  • Halimatus Sa'diyah Universitas Yudharta Pasuruan
  • M. Anang Sholikhudin Universitas Yudharta Pasuruan
  • M. Sholihun Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Model Pengelolaan Kelas, Pembelajaran PAI

Abstract

Dewasa ini KBM tidak hanya bisa dilakukan di dalam kelas. Selain itu, sistem pembelajarannya monoton. Hal ini dapat menyebabkan kejenuhan pada siswa, sehingga proses belajar mengajar tidak kondusif terhadap pemahaman siswa dalam menerima pelajaran. KBM juga bisa dilaksanakan di luar gedung sekolah, misalnya: di taman halaman sekolah, perpustakaan, atau tempat apapun yang bisa digunakan KBM.
Hasil Pendampingan menunjukkan bahwa: implementasi pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI di SD Riyadlul Arkham terdapat dua macam, pertama dapat meningkatkan hasil pembelajaran hal ini dikarenakan kemampuan Guru dan media pembelajaran sudah baik, kedua masih kurangnya antusias peserta didik dalam pembelajaran hal ini dikarenakan sikap apatis peserta didik terhadap guru.
Kesimpulan dalam Pendampingan ini adalah pertama, terdapat peningkatan Hasil belajar karena Guru mengimplementasikan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI di SD Riyadlul Arkham Tembong Plintahan Pandaan. Kedua, faktor pendukung dari implementasi pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI di SD Riyadlul Arkham adalah tersedianya Guru dan perangkat pembelajaran yang memadai. Sedangkan faktor penghambat dari implementasi pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI di SD Riyadlul Arkham adalah kurangnya antusias siswa terhadap Guru dikarenakan merasa sudah mengerti terhadap pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-01-2020

How to Cite

Halimatus Sa’diyah, M. Anang Sholikhudin, & M. Sholihun. (2020). Pendampingan Model Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran PAI di SD Riyadlul Arkham Tembong Plintahan Pandaan. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47–62. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/Khidmat/article/view/123