Strategi Dakwah Islam melalui Media Massa ( Televisi ) di Indonesia

Authors

  • Febri Kurniawan Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Khoirul Anwar Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Peranan Media Massa, Dakwah Islam, Indonesia

Abstract

Ditinjau dari segi bahasa, asal muasal dakwah berasal dari bahasa arab da’wah yang berati panggilan, ajakan atau seruan. Dakwah dalam artian ini adalah untuk menghegemoni masyarakat agar mengenal lebih detail dengan islam itu sendiri. Dalam dakwah islam, untuk dapat menghegemoni masayarakat diperlukan beberapa tahapan dan media. Media atau perantara tersebut salah satunya dengan memanfaatkan media massa. Media ( perantara ) dakwah islam melalui media massa seperti Koran, televisi mutlak harus dimanfaatkan dalam upaya keberhasilan misi dakwah islam. Karena media massa koran dan televisi memiliki evektivitas yang tinggi. Peranan media massa tersebut, memiliki fungsi dan manfaat sendiri – sendiri. Koran dan televisi menjadi media dakwah yang besar pengaruhnya, sebab keduanya termasuk media massa pembentuk opini publik yang menjadi konsumsi sehari – hari masyarakat indonesia. Dakwah yang bisa dilakukan melalui media massa ini dapat berbentuk narasi – narasi islam serta keutamaan islam dan tayangan siaran langsung dakwah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-07-2019

How to Cite

Febri Kurniawan, & Khoirul Anwar. (2019). Strategi Dakwah Islam melalui Media Massa ( Televisi ) di Indonesia. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 34–43. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/113