Teknik Publikasi Media Dakwah Jagat 'Arsy TV

Isi Artikel Utama

Panji Putrawan Makalalag
Eunis Khoerunnisa

Abstrak

Teknik Publikasi Media Dakwah Pada Jagat ‘Arsy TV ialah Salah satu teknik media dakwah yang cukup besar pengaruhnya dalam mengembangkan Dakwah Tarekat Qodariyah Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya Sirnarasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Publikasi Media Dakwah Pada Jagat ‘Arsy TV, Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat pada Publikasi Media Dakwah Pada Jagat ‘Arsy TV, dan Hasil Dari Publikasi Media Dakwah Pada Jagat ‘Arsy TV. Adapun pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan yang berjenis kualitatif, dengan menggunakan metode analisis isi. Hasil Dari penelitian ini berkaitan dengan 3 jenis teknik Publikasi Media Dakwah Pada Jagat ‘Arsy TV, yakni Teknik Audiovisual, Teknik Grafis, dan Teknik Prime Time. Adapun  Yang menjadi Faktor pendukung adalah faktor-faktor yang membantu luasnya jangkauan dari informsi yang diunggah, dan faktor pendukung adalah faktor yang menghambat penyebaran informasi. Hasil dari peneltian ini ditnjau dari Jumlah Jangkuan Informasi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putrawan Makalalag, P., & Khoerunnisa, E. . (2021). Teknik Publikasi Media Dakwah Jagat ’Arsy TV. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 3(2), 78–89. https://doi.org/10.53401/iktsf.v3i2.68
Bagian
Artikel

Referensi

Aziz, Moh Ali. (2017). Ilmu Dakwah. Jakarta : Kencana

Hassan, Mohammad. (2013). Metodologi Pengembangan Ilmu Dakwah. Surabaya : Pena Salsabila

Nazarudin, Mgs. H. (2020). Manajemen Strategik. Palembang : CV. Amanah

Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Media Sahabat Cendekia

Omar, Toha Yahya. 2004. “Islam & Dakwah”. (Jakarta: PT. Al-Mawardi Prima)

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Solatun. 2007. “Islam dan Etika Komunikasu”. (Jakarta: Imagine)

Skripsi:

Ayu Asnani Burahnudin, “Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Media Sosial Instagram Dalam Akun Kartun Muslimah” (Parepare : IAIN Parepare 2020)

Dewi Oktaviani, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Iain Metro”. (Metro: IAIN Metro 2019)

Evi Novitasari, “Dakwah Melalui Media Sosial YouTube (Analisis Media Siber Dalam Etnografi Virtual Pada Channel YouTube Transformasi Iswahyudi 2020)

Imas Mutiawati, “Dakwah Di Media Sosial (Studi Fenomenologi Dakwah di Instagram)” (Semarang : UIN Wali Songo 2018)

Ririh Nur Aini Putri, “Komunikasi Dakwah Melalui Media Audio Visual Dalam Menanamkan Akhlak Pada Santri Tpa Aisyiyah Desa Margasari Kecamatn Labuhan-Maringgai Kabupaten Lampung Timur” (Lampung: UIN Raden Intan 2017)

Yoghi Ridho Firdaus, “Dakwah Melalui Konten Video Ceramah Dalam Media Youtube” (Salatiga: IAIN Salatiga 2018)

Jurnal :

Jamaluddin, Opik “Peran Wakil Talqin dalam Pengembangan DakwahTarekat”. Jurnal Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) Volume 18, Nomor 2, 2018: 159-180

Dudung Abdul Rohman, “Komunikasi Dakwah Melalui Media Sosial”. Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung Volume XIII Nomor 2 Tahun 2019: 121-13

Zulfikar Ghazali, “Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Dakwah Dalam Masyarakat Virtual”. Jurnal Al-Muttaqin. Vol. IV, No. 1, Desember 2016 – Mei 2017

Internet :

https://m.youtube.com/channel/UCx2I4CFp9UxukKrwFif5uLg/about Di akses pada tanggal 19 Maret 2021, Jam 08.02

https://internetmarketing.co.id Diakses pada tanggal 18 maret 2021 pada pukul 13.48

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Jam_tayang_utama Diakses pada tanggal 18 Maret 2021, pada Pukul 13.33

https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/pengertian_streaming_serta_jenis_dan_penerapannya-1065, Diakses pada tanggal 17 Maret 2021, Pukul 17:01

https://m.merdeka.com/teknologi/data-terkini-pengguna-facebook-di-indonesia.html, diakses pada tanggal 27 Maret 2021, pukul 09.59

https://m.youtube.com/channel/UCx2I4CFp9UxukKrwFif5uLg/about Di akses pada tanggal 19 Maret 2021, Jam 08.02